Published On: Tue, Jul 14th, 2020

UPP Palopo Bantu Korban Banjir Bandang di Luwu Utara

Tim UPP Palopo bantu sembako bagi korban banjir bandang di Masamba


MN
, Palopo – Guyuran hujan lebat pada Senin (13/7) malam yang dipengaruhi suhu muka laut di Teluk Bone telah mengakibatkan sungai Masamba meluap sehingga menimbulkan banjir bandang di wilayah Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Di lokasi banjir bandang tersebut, akses jalan tertutup lumpur dan akses komunikasi terputus.

Data Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Makassar mencatat hingga hari Selasa (14/7), sebanyak 13 orang ditemukan dalam keadaan tewas dan 46 orang dilaporkan hilang.

Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Palopo ikut tergerak melakukan aksi kemanusiaan dengan menyalurkan bantuan sembako bagi korban banjir bandang di Luwu Utara.

“UPP Palopo ingin meringankan beban warga yang terkena bencana dengan memberikan bantuan berupa sembako bagi warga yang terdampak di pengungsian,” tutur Kepala Kantor UPP Kelas II Palopo, Taufan Eka Putra di Palopo, Selasa (14/7).

Menurut Taufan, kabar kejadian bencana banjir bandang tersebut diterima melalui warga dan media sosial pada Selasa (14/7) pagi, kemudian tim UPP Kelas II Palopo pun langsung bergerak menyiapkan sembako dan mengirimkan bantuan ke lokasi pengungsian.

“Kami menggunakan kendaraan dinas lapangan mengingat lokasi medannya agak berat, jarak dari kantor UPP Palopo ke lokasi kejadian kurang lebih 70 km. Rombongan langsung ke lokasi di Desa Radda Kecamatan Masamba,” ujarnya.

Taufan menerangkan, pihaknya bersama-sama tim posko pengungsi juga anggota yang lain dipandu menuju ke lokasi pengungsi yang berada kurang lebih 2 km dari jalan utama, terletak di daerah dataran agak tinggi sekitar perkebunan warga.

“Saya mewakili Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub mengucapkan turut prihatin atas kejadian banjir bandang yang menimpa warga, semoga para korban diberikan kekuatan dan kesabaran menghadapi ujian ini,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>