Published On: Fri, Jul 10th, 2020

Ini Penjelasan Hubla Soal E-Pilotage!

Ruang Control VTS


MN
, Jakarta – Penerapan E-Pilotage atau Pemanduan secara elektronik yang telah di uji coba oleh Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub adalah kegiatan integrasi informasi dan teknologi, tujuannya meningkatkan pelayanan melalui penambahan opsi guna memudahkan pelaksanaan pemanduan.

“Konsep E-Pilotage di Indonesia pada dasarnya merupakan Pemanduan yang dilaksanakan Pandu menggunakan VTS sebagai Sarana Bantu Pemanduan, serta berdasarkan ketentuan internasional dan nasional,” jelas Direktur Kenavigasian Ditjen Hubla, Hengki Angkasawan kepada Maritimnews di Jakarta, Jumat (10/7).

Menurut Hengki, pengujian/testbed E-Pilotage yang dilaksanakan di stasiun VTS Batam, Tanjung Priok, Benoa, dan Tarakan mengacu pada ketentuan International Maritime Organization (IMO). Dimana tetap ada pembagian tanggung jawab antara pandu fisik dan operator VTS.

Berdasarkan praktek E-Pilotage di luar negeri, E-Pilotage merupakan pengembangan pengunpulan data, yakni upaya teknologi untuk meningkatkan proses pilotage serta punya outcome metode baru pemanduan atau remote pilotage.

“Saat ini testbed E-Pilotage terkait aspek keselamatan pelayaran diterapkan mulai dari alur pelayaran, ke daerah labuh jangkar serta sampai kolam pelabuhan saja,” ujarnya.

Hengki menegaskan, bahwa E-Pilotage bukan mengganti pandu secara fisik namun lebih memberikan opsi. Jadi pemanduan tetap dilakanakan oleh Pandu, tetapi pelaksanaannya bisa secara remote menggunakan data dari VTS.

Kedepan VTS (Vessel Traffic System) selaku system monitoring lalu lintas pelayaran tidak akan mengganti peran dari Pandu, karena memang akan difungsikan sebagai alat bantu dalam melaksanakan kegiatan pemanduan kapal.

“Di kapal ada Pandu yang supervise, di VTS pun ada Pandu. Terdapat pembagian tugas dan tanggung jawab antara Pandu di VTS maupun VTS Operator. Melalui E-Pilotage, operator VTS memberikan perintah secara general, kemudian secara detail dilakukan oleh Pandu,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>