Published On: Thu, Oct 8th, 2020

Bakamla Jalin Kerja Sama dengan Japan Coast Guard soal Pertukaran Informasi

Dok Foto: Humas Bakamla

MN, Jakarta – Bakamla RI/Indonesia Coast Guard bersama Japan Coast Guard (JCG) sepakat untuk meningkatkan pertukaran informasi keamanan dan keselamatan laut guna saling membantu dalam pengamanan wilayah perairan masing-masing negara.

Kesepakatan ini terjalin dalam pertemuan antara Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla Retiono Kunto H., S.E. dengan Director for Vessel Monitoring Intelligence Management JCG CDR Ikeda Hisashi yang dilakukan secara daring, di Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2020).

JCG berharap kerja sama yang dilakukan dimulai dari pertukaran informasi mengenai aktivitas IUU fishing, aktivitas pelayaran, terorisme atau perompakan, dan aktivitas ilegal lainnya. Pertukaran laporan analisis mingguan, laporan bencana atau kecelakaan laut juga diharapkan dapat terealisasi dalam waktu secepatnya.

Menanggapi hal tersebut, Laksma Bakamla Retiono menyatakan kesiapan dan kesediaan Bakamla RI untuk mengakomodir informasi sesuai dengan permintaan JCG. Dalam hal ini, Indonesia Maritime Information Centre (IMIC) yang telah diresmikan pada bulan Juli 2020, akan berkomunikasi secara intensif dengan JCG. Diharapkan JCG juga dapat memberikan informasi serupa yang berguna bagi Bakamla RI dan instansi terkait keamanan dan keselamatan laut di Indonesia.

CDR Hisashi Ikeda beserta jajarannya merespons dengan baik hal tersebut dan akan berusaha untuk saling memenuhi kebutuhan kedua pihak agar tercapainya keamanan dan keselamatan laut di masing-masing wilayah perairan.

Tidak dapat dipungkiri, terjadinya kesepakatan dalam pertemuan ini tercipta karena hubungan baik yang terjalin di antara kedua instansi. Terlebih lagi dengan adanya Memorandum of Cooperation antara Bakamla RI dan JCG dalam Keamanan dan Keselamatan Maritim yang ditandatangani pada tahun 2019 silam, menambah erat hubungan kerja sama dengan penjaga laut negeri Sakura tersebut.

Jajaran pejabat tinggi Bakamla RI yang turut hadir dalam pertemuan ini antara lain Direktur Data dan Informasi Laksma Bakamla Laksma Bakamla Dwi Aris Priyono, S.T., Direktur Kebijakan Laksma Bakamla Samuel H. Kowaas, M.Sc., Direktur Hukum Laksma Bakamla Laksma Bakamla Eddy Rate Muis, S.H., M.H., dan Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Suwito. (An)

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com