Published On: Fri, Jan 15th, 2021

Pandemi Covid-19, Direct Call Ekspor Pelindo IV Justru Naik

Kegiatan ekspor di pelabuhan Makassar

MN, Makassar – Kebijakan lockdown di beberapa negara akibat pandemi Covid-19 tidak terlalu berdampak signifikan bagi direct call ekspor PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) yang masih tetap berjalan normal.

Untuk tahun 2020 tercatat kinerja produktivitas Pelindo IV justru mengalami peningkatan throughput (ekspor-impor) sebesar 142,23% dan call kapal 173,91% apabila dibandingkan tahun 2019 lalu.

Menurut Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo IV, M Adji, data tahun 2019 mencatat, kegiatan direct call khusus ekspor di wilayah Pelindo IV sebanyak 46 call kapal. Jumlah tersebut meningkat menjadi 80 call kapal pada tahun 2020.

“Throughput peti kemas internasional baik ekspor maupun impor mengalami peningkatan sebesar 142,23% yakni 21.566 TEUs pada tahun 2019, menjadi 30.674 TEUs di 2020. Semoga tahun 2021 lebih baik lagi,” terang Adji di Makassar, Kamis (14/1).

Adji menambahkan, peningkatan ekspor impor juga disebabkan tambahan Main Line Operator (MLO), antara lain Maersk Line Group di TPM dan KKT dan Alfa Trans di KKT.

Adapun komoditas muat/ekspor terbesar di TPM (Terminal Petikemas Makassar) dan KKT (Kaltim Kariangau Terminal) adalah rumput laut, plywood, kulit mente, biji nikel dan cengkeh.

“Walaupun pandemi Covid-19, kegiatan ekspor dan impor di pelabuhan Makassar, khusus TPM dan KKT di Balikpapan serta pelabuhan tujuan masih tetap berjalan normal bahkan meningkat,” pungkasnya.

Stimulus Bagi Pengguna Jasa Pelabuhan

Seperti diketahui bersama, pihak PT Pelindo IV (Persero) sejak bulan Mei 2020 telah memberikan stimulus atau relaksasi bagi para pengguna jasa khususnya untuk kegiatan transhipment selama masa Pandemi Covid-19.

Di masa pertama, stimulus diberikan yang sebelumnya 1 – 3 hari menjadi 1 – 5 hari. Kemudian 1 – 5 hari menjadi 1 – 7 hari dan masa penumpukan peti kemas transhipment dari 1 – 7 hari menjadi 1 – 14 hari.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com