Published On: Wed, Mar 10th, 2021

Bina Generasi Penerus Bangsa, Dispotmar Koarmada II Gelar Diklat Saka Bahari

Diklat Saka Bahari Dispotmar Koarmada II.

Diklat Saka Bahari Dispotmar Koarmada II.

MN, Surabaya – Melalui Dinas Potensi Maritim, Koarmada II  menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Saka Bahari Angkatan 36/37 “GAJAH MADA” di Markas Komando Armada II, Ujung, Surabaya.

Diklat yang dilaksanakan selama dua hari ini dan dimulai pada hari Sabtu (6/3) yang diikuti oleh 34 peserta, dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Koarmada II Kolonel Laut (P) M. Bayu Pranoto , S.H., M.Tr. Hanla., M.M., yang  diawali dengan proses regristrasi dan juga melaksanakan Tes  Swab di Diskes Koarmada II. 

Materi yang diberikan selama Diklat meliputi kegiatan kemaritiman, sejarah Pramuka, proxy war, serta melaksanakan latihan PBB di halaman Monumen Jalesveva Jayamahe yang diakhiri dengan pentas seni yang dilakukan oleh para peserta.

Menurut Kadispotmar Koarmada II, Diklat Saka Bahari ini merupakan upaya menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, maupun latihan untuk memperkuat peranannya di masa yang akan datang, dengan tujuan menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta kepemimpinan Pramuka sebagai penegak dan pandega dalam berbagai segi kehidupan organisasi maupun masyarakat.

“Sasaran Diklat Pramuka Penegak dan Pandega diarahkan pada tiga hal utama, yaitu menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan pribadi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia juga berharap setelah mengikuti Diklat ini, para peserta bisa menjadi kader Pramuka Saka Bahari yang handal, menjadi kader yang disiplin, menjalankan tugas dengan baik, melakukan pembinaan, serta melakukan pengembangan bagi anggota barunya agar terus menjadi penggerak kedisiplinan dalam tugas sebagai dewan saka. 

Di tempat terpisah, Pangkoarmada II Laksda Sudihartawan mengharapkan para anggota Saka Bahari dapat menjadi contoh dan panutan yang baik bagi teman, lingkungan tempat tinggal, serta dapat berkontribusi nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pramuka diharapkan menjadi generasi muda yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com