Published On: Fri, Mar 5th, 2021

Gugah Kesadaran Sebagai Bangsa yang Besar, Seskoal Gelar Forum Diskusi Strategi Pertahanan

FGD Strategi Seskoal.

FGD Strategi Seskoal.

MN, Jakarta – Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) menggelar kegiatan Focus Group Disccussion (FGD) Bidang Strategi TA. 2021 secara virtual di Kelas A dan B Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Kebayoran Lama, Kamis (4/3).

Dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan, FGD ini dibuka langsung oleh Komandan Seskoal (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han). FGD yang dilaksanakan selama satu hari ini menghadirkan pembicara Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman Dr. Arif Havas Oegroseno, S.H., M.H., Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, dan Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim. Diskusi daring yang mengambil tema“Strategi Militer Pertahanan Negara Kepulauan” ini dimoderatori oleh Wakapusjianmar Seskoal Kolonel Laut (P) Salim, S.E.

Lebih lanjut, sesuai dengan tema yang dirumuskan pada FGD ini, hal penting yang sudah seharusnya menjadi perhatian kita anak bangsa ialah menyadari bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memerlukan suatu strategi dalam menegakkan kedaulatannya, khususnya dalam bidang pertahanan yang menjadi tugas utama yang diemban Tentara Nasional Indonesia (TNI) sesuai dengan amanat Undang-undang no. 2 tahun 2003 tentang pertahanan negara.

Tujuan dilaksanakannya FGD ini adalah sebagai wadah bagi para perwira, peneliti, dan dosen dalam menyampaikan gagasan akademis agar dapat berkontribusi dalam pertahanan Indonesia demi mengembalikan dan mewujudkan identitas Indonesia sebagai bangsa yang besar, kuat, dan mandiri dengan strategi pertahanan negara kepulauan.

“Melalui kegiatan FGD ini akan diperoleh tambahan wawasan dan pemahaman bersama terkait Strategi Militer Pertahanan Negara Kepulauan sehingga dapat menjadi dasar untuk berpikir dan bertindak dalam melaksanakan tugas-tugas ke depan,” ungkap Danseskoal.

Kegiatan FGD ini selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan profesional di bidang strategi.

Forum ini sendiri juga dihadiri oleh Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla., Kapusjianmar Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han)., Kakoordos Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A.,CHRMP., Dirjianstraops Seskoal Kolonel Laut (P) Avianto Rooswirawan, S.E., M.Si., para pejabat utama Seskoal, para Patun Dosen Seskoal, mahasiswa program sit in Seskoal yang berasal dari Mahasiswa Program Doktoral Universitas Pertahanan, serta para Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com