Published On: Sat, Apr 27th, 2024

Arus Penumpang Angleb 2024 Naik Signifikan di Pelabuhan Priok

Apel penutupan Posko Angkutan Laut Lebaran Pelabuhan Tanjung Priok

Jakarta (Maritimnews) – Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan resmi menutup Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024, Pemerintah memberikan apresiasi kepada seluruh pihak atas kolaborasi dan koordinasi sehingga Angkutan Laut Lebaran tahun 2024 berjalan lancar dan sukses.

Untuk di Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama menggelar Apel penutupan penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 2024 bersama Instansi Pemerintah dan Stakeholders di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Jum’at (26/04).

Dengan berakhirnya arus balik Lebaran tahun ini, Kepala Kantor KSOP Utama Tanjung Priok M Takwim Masuku saat Apel Penutupan Posko Pelabuhan Tanjung Priok menyampaikan, bahwa kegiatan Angkutan Lebaran 2024 berlangsung sukses dan terjadi peningkatan signifikan jumlah arus penumpang sebesar 9,71% dibandingkan periode sebelumnya (total 58.022 penumpang).

Sedangkan jumlah kapal yang tiba dan berangkat mengalami penurunan sebesar -2,00%, mencapai 98 kapal dibanding pada tahun 2023.

“Turunnya arus kapal laut disebabkan karena ada beberapa armada harus docking, sehingga terlambat menuju pelabuhan Tanjung Priok. Begitupun secara load factor penumpang tetap terpenuhi, tidak ada masalah,” jelas Takwim Masuku kepada Maritimnews.

Puncak naik turun penumpang terjadi sebelum Lebaran pada tanggal 28 Maret 2024, dan setelah Lebaran pada tanggal 22 April 2024, menunjukkan tingginya mobilitas masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Terdapat potensi 17% penumpang yang masih berada di Jakarta setelah arus balik, sebanyak 2.483 orang. Sedangkan yang kembali ke Jakarta melalui pelabuhan Tanjung Priok pada arus balik mengalami kenaikan 1,7% dibandingkan dengan arus mudik.

(Bayu Jagadsea/MN)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com