Published On: Sat, Apr 6th, 2024

Pelabuhan Teluk Bayur Siap Layani Arus Mudik Lebaran 2024

Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 2024 di Pelabuhan Teluk Bayur

Teluk Bayur (Maritimnews) – Pelabuhan Teluk Bayur telah melakukan berbagai kesiapan dalam menyambut libur Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024. Salah satunya, PT Pelindo (Persero) Regional 2 Teluk Bayur yang usai memaksimalkan fasilitas terminal penumpang untuk kedatangan dan keberangkatan kapal penumpang.

General Manager PT Pelindo Regional 2 Teluk Bayur, Capt Medi Kusmana mengatakan, pembenahan fasilitas dilakukan sebagai bentuk antisipasi lonjakan penumpang yang diprediksi mengalami peningkatan dari tahun lalu, seiring dengan dicabutnya status pandemi nasional Covid-19 oleh Pemerintah sejak akhir 2022.

“Kita pastikan semuanya aman, nyaman dan fasilitasnya mendukung. Dalam hal ini Pelindo menyiapkan terminal penumpang dengan fasilitas seperti mushola, toilet dan ruang tunggu, baik itu di pelabuhan Teluk Bayur maupun pelabuhan Muaro Padang,” ungkap Medi Kusmana di Pelabuhan Teluk Bayur, Sabtu (06/04)

Selain itu, fasilitas lainnya seperti loket penjualan tiket, tempat sampah, shuttle car untuk mengangkut penumpang yang akan datang dan pergi juga disiapkan. Untuk penjualan tiket sendiri, dibuka dari pagi sampai pukul 17.00 WIB.

Pelindo Regional 2 Teluk Bayur juga menjamin dan memastikan bahwa untuk pelayanan kapal dan pelayanan bongkar muat barang tetap dilakukan selama periode libur nasional, 24 jam sehari selama sepekan.

Persiapan lain yang dilakukan antara lain mengoptimalkan fasilitas naik dan turun penumpang, memperketat pengamanan dengan terus berkoordinasi aktif dengan seluruh pihak-pihak terkait.

Medi Kusmana mengatakan untuk kelancaran pelaksanaan pelayanan, ia beserta jajaran terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di Pelabuhan Teluk Bayur.

Koordinasi itu mencakup tim dari Kementerian Perhubungan, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Lantamal II Padang dan Dinas Perhubungan Kota Padang.

Diketahui sebelumnya, Pelindo Regional 2 Teluk Bayur menyambut kunjungan Kepala Pusat (Kapus) Fasilitasi Kemitraan dan Kelembagaan International (FKKI), Fikry Cassidy bersama tim dalam rangka mengecek dan memastikan seluruh kesiapan fasilitas, peralatan, serta pelayanan yang diberikan Pelindo Regional 2 Teluk Bayur selama periode Idul Fitri 1445 H tanpa kendala.

Kunjungan tersebut dilakukan tiga hari sejak tanggal 3 hingga 5 April 2024. Dalam kunjungan ini, Kepala KSOP Chaerul Awaluddin beserta jajaran Manajemen Pelindo Regional 2 Teluk Bayur turut melakukan pendampingan serta presentasi.

“Kunjungan ini menindaklanjuti instruksi Menteri Perhubungan RI Nomor IM 4 Tahun 2024 tentang monitoring Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2024 (1445 Hijriah),” kata Medi Kusmana.

(Bayu Jagadsea/MN)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com