Published On: Sun, Oct 29th, 2017

KM Dharma Kencana II Terbakar di Perairan Karimun Jawa, 119 Penumpang Selamat

KM Dharma Kencana II

MN, Semarang – Kapal Motor (KM) Dharma Kencana II terbakar di perairan Pulau Karimun Jawa, Minggu (29/10) pada pukul 04.15 WIB di posisi 47 mil barat laut Pulau Karimun Jawa dengan koordinat 05 04 858′ S// 109 53 900′ E. (Titik lokasi kejadian sekitar 45 mil utara Kepulauan Karimunjawa, arah Kalimantan).

KM tersebut mengangkut 119 penumpang dan 46 kendaraan, berangkat pada hari Sabtu (28/10) pukul 17.00 WIB dalam pelayarannya dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Pontianak, sedangkan seluruh penumpang yang berjumlah 119 orang berhasil dievakuasi dengan selamat.

Plt. Dirjen Perhubungan Laut, Bay M Hasani di Jakarta mengatakan, laporan terbakarnya KM Dharma Kencana II diterima oleh KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang langsung mengerahkan kapal patroli KPLP KNP 203.

“Begitu mendapatkan laporan terbakarnya kapal tersebut, KSOP Tanjung Emas Semarang langsung bertindak dan memimpin proses evakuasi kapal tersebut,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Marwansyah mengatakan bahwa seluruh penumpang telah berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Kumai.

Hingga saat ini ada 9 kapal dikerahkan membantu penyelamatan penumpang yang terdiri dari Kapal KPLP KNP 203, kapal Polair, Kapal Basarnas KN 231 Sadewa, kapal TNI AL KRI Soputan dan beberapa kapal swasta seperti KMP Kirana I, KMP Kelimutu, KMP Ekspres Bahari, KM Tanto Jaya dan TB Citra.

(Bayu/MN)

About the Author

- Jurnalis Maritimnews.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com