Published On: Mon, Jul 30th, 2018

Bekali Kesiapsiagaan Prajurit, Satinlamil Jakarta Gelar Latihan Penyelamatan Kapal

Prajurit Satlinlamil Jakarta sedang melaksanakan latihan praktek penyelamatan kapal (PEK) di Dermaga Beaching, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.

Prajurit Satlinlamil Jakarta sedang melaksanakan latihan praktek penyelamatan kapal (PEK) di Dermaga Beaching, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.

MN, Jakarta – Bekerjasama dengan satuan Pemadam Kebakaran Pelindo II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta , Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta menggelar latihan praktek (lattek) Penyelamatan Kapal (PEK).  Lattek ini diikuti oleh 120 personel Satlinlamil Jakarta yang terdiri dari staf dan unsur serta didukung oleh Tim Kesehatan Kolinlamil.

Kegiatan latihan terpadu ini merupakan rangkaian dari rencana latihan yang mencakup teori yang dilaksanakan di Gedung Laut Sulu dan praktek di Dermaga Beaching dan KRI. Lattek PEK yang merupakan kegiatan rutin bagi Satlinlamil Jakarta ini berlangsung mulai tanggal 16 Juli hingga 25 Juli 2018.

“Latihan PEK ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada prajurit Satlinlamil Jakarta untuk lebih memantapkan dan meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan kegiatan PEK terpadu,” ujar Komandan Satlinlamil Jakarta Kolonel Laut (P) Hery Winarno saat berada dilokasi latihan, Kamis (26/7).

Materi-materi latihan yang diberikan dalam kegiatan latihan ini diantaranya tentang kebakaran yang meliputi penyebab, teori terjadinya api, jenis kebakaran, pengenalan alat pemadam api ringan, penyebab, dan penanggulangan serta alat-alat penanggulangan kebocoran.

Sementara dalam latihan praktek itu, para prajurit mempraktekkan tentang bagaimana cara memadamkan api yang sesungguhnya. Dengan dipandu perwira Staf Operasi Satlinlamil Jakarta beserta beberapa staf yang berada di bawah jajarannya, praktek fokusk pada materi bagaimana cara antisipasi dini terhadap terjadinya kebakaran dengan mengenali jenis kebakaran, sehingga cara penangannya akan tepat sasaran.

Latihan yang dipimpin Pasops Satlinlamil Jakarta Letkol Laut (P) Erwin Baharudin ini membuat simulasi terjadinya kebakaran di sekitar dermaga. Dalam simulasi tersebut, sebuah tong yang berisi sampah dengan disiram bensin yang akan menjadi sasaran api yang siap dipadamkan tim pemadam kebakaran Satlinlamil Jakarta.

Setelah api berkobar, salah seorang anggota berteriak bahwa terjadi kebakaran. Kemudian mobil pemadam kebakaran dengan beriskan satu tim langsung meluncur ke lokasi kebakaran. Sebelum menggunakan semprotan air dari mobil pemadam, kebakaran terlihat masih kecil, kemudian dengan menggunakan karung basah sumber kebakaran ditutup karung basah tersebut.

Dalam latihan yang rencananya akan berlangsung hingga pertengahan September tersebut, para peserta latihan terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikuti skenario latihan mempraktekkan pemadaman api dengan menggunakan tabung gas.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com