Published On: Sat, Apr 13th, 2019

Maknai Hikmah Isra Miraj, Kolinlamil Ajak Implementasikan Nilai Dalam Shalat Untuk Jaga Keutuhan NKRI

Peringatan Isra Miraj di Mako Kolinlamil.

Peringatan Isra Miraj di Mako Kolinlamil.

MN, Jakarta – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1440 H di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/4).

Peringatan yang bertema ”Dengan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriyah/ 2019 Masehi, Kita Implementasikan Nilai-Nilai Shalat Dalam Kehidupan Prajurit dan PNS TNI Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI ” itu dihadiri oleh para Asisten Pangkolinlamil, Dasatlinlamil Jakarta, para Kadis Kolinlamil, seluruh anggota Mako, dan unsur Satlinlamil Jakarta, baik militer dan PNS serta Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Heru Kusmanto, serta segenap pengurus gabungan.

Acara didahului dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Kopda Pom Suwarno anggota Disprov Kolinlamil dan saritilawah oleh PNS Gol II/C Tri Sundari, anggota Disharkap Kolinlamil dengan membacakan Surat Al-Isro ayat 1 dan Surat Ibrahim ayat 31.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E.,M.M. dalam amanatnya yang dibacakan Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi, S.E., M.Si (Han) mengatakan Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat muslim, di mana Isra merupakan perjalanan Rasullullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dan Miraj merupakan peristiwa perjalanan Rasullullah dari Masjidil Aqsha ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah shalat langsung dari Allah SWT.

Lebih lanjut, Pangkolinlamil mengajak setiap dari kita untuk menjadikan hikmah peristiwa Isra Miraj ini sebagai pelajaran yang berarti, untuk meningkatkan disiplin dan moralitas prajurit Kolinlamil dalam melaksanakan tugas.

“Keimanan dan ketakwaan yang meningkat akan terpancar dalam perilaku sehari-hari, baik dalam kedinasan maupun bermasyarakat,” kata Pangkolinlamil dalam amanatnya.

Pangkolinlamil mengajak kepada seluruh keluarga besar Kolinlamil, agar selalu menghayati serta melaksanakan nilaI-nilai luhur yang terkandung dalam peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, di mana yang menjadi intinya menjalankan perintah shalat.

Peringatan Isra Miraj merupakan upaya pembinaan mental kerohanian yang menjadi salah satu sub sistem dari pembinaan personel bagi prajurit TNI Angkatan Laut beserta keluarganya.

Sementara itu, penceramah yang hadir dalam peringatan tersebut, KH. Rahmat Hidayat Armain, S.Ag., menyampaikan akan pentingnya memaknai peristiwa Isra Miraj dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi keluarga.

Dalam kehidupan sehari-hari, keluarga merupakan tempat kita untuk membina kehidupan dunia dan akhirat. Ibadah yang kita lakukan tidak akan menjadi berkah manakala keluarga kita, istri/suami dan anak kita tidak melaksanakan ibadah seperti apa yang kita lakukan.

Nabi Muhammad SAW sebagai teladan, mengajarkan kepada kita untuk menyampaikan kebaikan-kebaikan dan ilmu yang bermanfaat kepada keluarga. Shalat sebagai tiang agama tentu harus menjadi dasar bagi kita dalam menjalankan agama. Memaknai isra miraj dengan menjadikan Rasullullah SAW sebagai sutitauladan bagi umat muslim akan meningkatkan disiplin dan moralitas prajurit dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com