Published On: Fri, Mar 19th, 2021

Kenang Kegigihan Perjuangan Trikora, Kasal Resmikan Monumen KRI Macan Tutul

Kasal menandatangani peresmian Monumen KRI Macan Tutul.

Kasal menandatangani peresmian Monumen KRI Macan Tutul.

MN, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. meresmikan Monumen KRl Majtan Tutul-602 di Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya. Rabu (17/3).

Pembangunan monumen ini merupakan bentuk penghargaan sekaligus peringatan atas ketangguhan kapal perang yang dipimpin oleh Komodor Yos Sudarso saat menghadapi pertempuran heroik dengan kapal perang Belanda di Laut Aru pada 15 Januari 1962, dalam Operasi Trikora, yaitu operasi dalam rangka membebaskan Irian Barat dari tangan Belanda. 

Dalam pertempuran tersebut, Komodor Yos Sudarso beserta awak kapal Rl Matjan Tutul gugur dan sejak saat itu peristiwa disebut diperingati sebagai Hari Dharma Samudera oleh TNI AL.

Dalam sambutannya, Kasal berharap keberadaan monumen kapal yang memiliki panjang 21 m dan lebar 3,5 m ini, menjadi inspirasi para Taruna yang tengah dididik dan dilatih di AAL agar lebih menyadari bahwa keberadaannya di AAL ini dalam rangka disiapkan sebagai calon-calon pemimpin bangsa masa depan dengan tantangannya yang tentunya jauh lebih berat.

“Adanya monumen kapal ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme Taruna AAL. Menjadi motivasi dan pendorong semangat meneladani kepemimpinan Komodor Yos Sudarso sebagai bekal menjadi perwira TNI AL yang profesional dan berkarakter guna mewujudkan TNI AL yang profesional, modern, dan Tangguh di tengah masifnya serbuan informasi global saat ini,“ ungkapnya.

Di sela kegiatan, Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan yang mendapingi Kasal menyempatkan diri untuk menyapa para Taruna dan Taruni yang ikut hadir dalam peresmian tersebut sebagai tanda perhatian bapak kepada anak-anaknya karena para Taruna/Taruni AAL juga bagian dari Koarmada II, terutama dalam Latek Kartika Jala Krida yang dilaksanakan tiap tahun dengan menggunakan KRI Bima Suci yang berada di bawah jajaran Koarmada II.

Turut mendampingi Kasal Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Ria Sudihartawan dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Ria Sudihartawan.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com