Published On: Fri, Apr 16th, 2021

Macet Lagi, Usai Menhub Ke Priok Bahas Soal Kemacetan

Menhub Budi didampingi Dirut IPC Arif Suhartono saat meninjau lapangan dipelabuhan Tanjung Priok, Kamis (15/4)

MN, Jakarta – Usai Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggelar pertemuan membahas penanganan soal kemacetan lalu lintas oleh truk-truk peti kemas bersama sejumlah pemangku kepentingan di pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (15/4).

Hanya hitungan jam saja, terlihat antrean truk peti kemas cukup panjang sejak Kamis malam hingga hari Jumat siang (16/4) di pelabuhan Tanjung Priok, khususnya pada akses jalan pelabuhan menuju Terminal 3 dan MAL.

Diduga kemacetan kali ini sebagai yang terlama di area pelabuhan Tanjung Priok. Penyebabnya masih dicarikan solusi oleh IPC cabang Tanjung Priok dengan dukungan tim Operasional IPC Pusat.

Sedangkan terkait hasil pertemuan di Kantor PT Pelindo II (Persero) atau IPC yang dihadiri Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus H Purnomo, Kepala BPTJ Polana B Pramesti, Dirut IPC Arif Suhartono, dan perwakilan dari asosiasi, serta instansi terkait lainnya, Kamis (15/4).

Menhub Budi menjelaskan, bahwa ada dua hal yang telah disepakati dalam rapat untuk menangani kepadatan di arus lalu lintas kontainer di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pertama, apabila satu pelabuhan mengalami penumpukan jumlah kedatangan, maka wajib dialihkan ke pelabuhan lain. Karena saat ini ada ketimpangan antara Terminal satu, dua, dan tiga, yang ada di pelabuhan Tanjung Priok.

Kedua, Menhub Budi meminta adanya penertiban dan penegakkan hukum terhadap perusahaan yang beroperasi tidak sesuai lahan dan zonasinya.

“Penerapan Standard Operation Procedure (SOP) dan digitalisasi menjadi satu hal penting guna mengatasi ketimpangan tersebut. Saya tugaskan Otoritas Pelabuhan dan Pelindo II melaksanakan dan mengkoordinasikannya dengan Bea dan Cukai,” pungkas Menhub Budi.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com