Published On: Sun, Jan 2nd, 2022

KSOP Marunda: Tidak Ada Tongkang Kandas!

Tongkang yang sandar di kade KB 4 pelabuhan Marunda

MN, Jakarta – Menanggapi adanya berita di media online terkait kapal tongkang kandas di Kalibelencong, Pelabuhan Marunda pada Jumat (31/12) sekitar pukul 16.00 WIB, pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Marunda mengklarifikasi, bahwa tidak kandas hanya soal air sedang surut di titik tersebut.

Menurut Koordinator Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Marunda, Capt Dwi Hendrikus, kapal tongkang LLB Sukses 21 bukan kandas karena pendangkalan alur, namun karena posisi air akan surut sehingga sempat sulit bergerak pada posisi kapal sudah akan sandar di kade KB 4 terminal Kalibelencong, Pelabuhan Marunda, pada Jumat ( 31/12).

“Kapal bukan kandas lama dan atau tidak bisa bergerak lagi, melainkan kesulitan bergerak, tapi tidak lama hanya 15 menitan setelah itu bisa terapung kembali dan disandarkan,” kata Capt Dwi Hendrikus kepada para wartawan di Jakarta, Sabtu (1/1).

Peristiwanya berawal saat kapal Tug boat LLB Sukses 19 menggandeng tongkang LLB 21 datang dari Manggar Bangka Belitung dengan muatan tercantum di manifest sebanyak 3000 Ton yang dalam keadaan proses sandar di kade KB 4.

Nakhoda dan Pandu dikapal TB LLB Sukses 19 yang menggandeng Tongkang LLB Sukses 21 ketika akan masuk sudah memperhitungkan akan adanya pasang surut. Namun ketika sudah dekat dermaga KB 4 posisi air sudah mulai surut sehingga proses penyandaran dibutuhkan kecepatan dalam bermanouver kapal guna mendorong tongkang bersandar di kade.

“Hanya saja pada saat mendorong kapal di air yang akan surut agak berat dan membutuhkan waktu. Kejadian itu bukan masuk katagori kecelakaan, karena hal biasa di perairan alur yang sempit tergantung pada pasang surut serta mempunyai karakter dasar perairan (seabed) lumpur,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com