Published On: Tue, May 23rd, 2023

Communication Skills Humas di Pelabuhan Priok Perlu Terus Diasah

Kepala OP Utama Tanjung Priok, Ir Subagiyo MT

Jakarta (Maritimnews) – Dalam rangka menjalin komunikasi, sinergitas dan koordinasi dengan seluruh unsur Pemerintah maupun Stakeholders Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok menggelar Forum Kehumasan bertema “Pentingnya Penguasaan Public Speaking Dalam Optimalisasi Kinerja Kehumasan di Era Digitalisasi” di Hotel Ibys Style Sunter, Jakarta, Selasa (23/5).

Acara Forum Kehumasan kali ini menghadirkan 2 (dua) Narasumber yaitu, M Ikrar, Praktisi Kehumasan, dan Budi Rahardjo, Kepala Bagian Pemberitaan dan Media Massa. Adapun peserta dalam acara tersebut terdiri dari Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Unit Kehumasan dari Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) wilayah kerja Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Intansi Pemerintah, Stakeholders, dan Asosiasi di lingkungan Pelabuhan Internasional Tanjung Priok.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Subagiyo dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Communication Skills atau komunikasi merupakan hal yang sangat esensial dalam kehidupan manusia, karena tanpa komunikasi seorang manusia mustahil bisa menjalani kehidupannya sebagai makhluk sosial.

Subagiyo menegaskan, public speaker merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang serta menyampaikan informasi menarik di depan orang banyak, seperti pemateri dalam seminar.

“Sukses atau tidaknya public speaker disebabkan oleh bagaimana ia dapat mengkomunikasikan seluruh informasi tentang apa yang disampaikannya. Melalui komunikasi atau bicara anda dapat menyampaikan gagasan, mengubah pemikiran, menyentuh perasaan, memberikan solusi kepada mereka yang membutuhkan bahkan berkesempatan mengubah keadaan menjadi lebih baik,” terangnya.

Menurut Subagiyo, keterampilan public speaking sangat dibutuhkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nantinya berhadapan dengan pengguna jasa di Unit Pelaksana Tugas (UPT) masing-masing. Jika hanya sikap percaya diri dan tidak disertai kemampuan mengkomunikasikan skill yang dimiliki akan menimbulkan dampak yang besar, bahkan malah menimbulkan konflik.

“Komunikasi sangatlah penting untuk diasah baik dikehidupan sehari-hari maupun di kehidupan kerja di kantor masing-masing dalam menjalankan peran sebagai ASN, kemampuan public speaking sangatlah dibutuhkan agar pesan dapat tersampaikan dengan tepat,” pungkasnya.

(Bayu Jagadsea/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com