Published On: Wed, May 24th, 2023

Lanal Banjarmasin Sinergi Gelar Exercise ISPS Di Perairan Tabanio, Kalsel.

Danseskoal Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi.

MN, Banjarmasin – Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., diwakili Pasops Lanal Banjarmasin Mayor Laut (P) Sugeng Subagiono selaku koordinator bersama 7 prajurit melaksanakan gelar Latihan ISPS (International Ship and Port Facility Security) Code, bertempat di Terminal Office Permata Barito PT Indonesia Multi Purpose pada posisi 3° 41’ 419” LS – 114° 29’ 792” BT di Perairan Tabanio, Kalimantan Selatan, Rabu (24/5/2023.)

Latihan tersebut diselenggarakan oleh  PT IMPT (Indonesia Multi Purpose Terminal) dan diikuti unsur Kemaritiman dari satuan Lanal Banjarmasin, Polairud Polda Kalsel, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP,) Donpro, serta melibatkan 36 Personel bersenjata lengkap dengan menggunakan sarana 1 unit Alpung RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) milik Lanal Banjarmasin, 1 Unit Kapal Polisi Cepat (KPC) XIII-2008 milik Polairud Polda Kalsel, 1 Unit KN. P 363 milik KSOP, dan 1 Unit Speed Boat Putra Banjar.

Untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan jiwa di laut atau“Safety of Life at Sea” (Solas,) sebelum latihan diawali dengan pemaparan skenario, jaringan komunikasi, koordinasi antar unsur operasi, dan mempertimbangkan faktor cuaca di laut.

Latihan ini ditujukan untuk meningkatkan sinergi dan koordinasi pada saat terjadi tindak kejahatan dengan kekerasan, di perairan maupun pelabuhan internasional, terhadap kapal yang melintas maupun berlabuh, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Serta mencegah, mendeteksi sejak dini, dan meminimalisasi kegiatan ilegal lainnya saat beraktivitas di laut, agar dapat memberikan rasa aman terhadap fasilitas kapal dan pengguna transportasi laut.

Dalam latihan tersebut, para peserta latihan dibekali ilmu pengetahuan, baik berupa materi maupun praktik, di antaranya Port Facility Security Plan, Prosedur Komunikasi, Respon Perubahan Tingkat Keamanan (Security Level,) Prosedur Penanganan Penyusupan, Prosedur Penanganan Pembajakan, Prosedur Penanganan Penyanderaan, dan Prosedur Respon P3K.

Di tempat terpisah, Danlanal Banjarmasin menyampaikan terima kasih atas sinergi dan kerjasama kepada unsur-unsur terlibat, sehingga latihan ini berjalan lancar dan aman. “Kegiatan yang bermanfaat ini tidak berhenti sampai disini saja, rencana kedepan tetap kita laksanakan kembali secara berkelanjutan,” ungkapnya.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com