Published On: Sun, Jun 2nd, 2024

Tokoh Senior TKBM Haji Soeparmin Tutup Usia

Almarhum Haji Soeparmin bin Midin Martosuwarno

“Sosok yang akrab dipanggil Pak Parmin itu juga dikenal ramah pada siapapun, bibirnya senantiasa menyunggingkan senyuman untuk menghormati mitra bicara”

Jakarta (Maritimnews) – Innalilahi wa Innailaihi rojiuun. Kabar duka menyelimuti para Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), juga bagi pengguna jasa di Pelabuhan Tanjung Priok pada Jumat (31/5/2024) sekitar pukul 19.00 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta.

Seketika di berbagai grup WhatsApp dan media sosial lainnya beredar kabar tentang kabar duka wafatnya Sekretaris Koperasi Karya Sejahtera Tenaga Kerja Bongkar Muat (KSTKBM) Pelabuhan Tanjung Priok, Haji Soeparmin bin Midin Martosuwarno.

Kabar wafatnya pengurus Koperasi KSTKBM yang sudah mengabdikan diri selama puluhan tahun itu direspon banyak kalangan yang rata-rata kolega maupun mitra kerja Almarhum.

Ketua Koperasi KSTKBM Pelabuhan Tanjung Priok, Asep Slamet menjelaskan, Almarhum sempat dirawat di rumah sakit Harapan Kita Jakarta selama beberapa hari sejak hari Senin (27/5).

Meskipun tidak bisa mengikuti Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi KSTKBM, namun masih sempat berkomunikasi dengan pengurus Koperasi KSTKBM tentang persiapan hingga pelaksanaan RAT tersebut.

Di tengah perawatan, dia juga mengucapkan syukur karena salah seorang puteranya, Danang Sumaryanto, berangkat menunaikan ibadah Haji ke tanah Suci pada tahun 2024 ini.

Dengan wafatnya Haji Soeparmin, Asep mengaku merasa sangat kehilangan dengan sosok yang selama ini dikenal sebagai sosok administrator handal di lingkungan Koperasi KSTKBM.

Kegiatan-kegiatan kesekretariatan yang menjadi tanggung jawabnya dijalankan secara tuntas. Meskipun sempat berpindah posisi di kepengurusan, namun kemampuannya di bidang administrasi sangat membantu operasional kegiatan Koperasi KSTKBM.

“Tak sebatas itu saja, sosok yang akrab dipanggil Pak Parmin sangat dikenal ramah pada siapapun, bibirnya senantiasa menyunggingkan senyuman untuk menghormati mitra bicara,” tutur Asep.

Karena itu tidak mengherankan jika koleganya tak hanya berasal dari kalangan TKBM saja, di organisasi Induk Koperasi TKBM sosoknya termasuk yang dihormati. Begitu pun di kalangan asosiasi pengusaha bongkar muat (APBMI), Pelindo maupun KSOP.

Karena kepiawaiannya dalam mengelola koperasi, hingga akhir hayatnya di usia 74 tahun, Haji Soeparmin masih menjadi pengurus Koperasi KSTKBM dengan jabatan sebagai Sekretaris hingga akhir kepengurusan periode ini.

“Kita doakan semoga almarhum, senior kita, orang tua kita, Bapak H. Soeparmin diterima amal ibadahnya, dilapangkan kuburnya dan mendapatkan ampunan Allah SWT,” ungkap Asep Slamet.

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu anhu.

(Bayu Jagadsea/KF/MN)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com