Published On: Thu, Jul 25th, 2024

Hubla Genjot Kualitas SDM dan Pelayanan Publik

Kegiatan yang dihadiri Kabag Organisasi dan Humas Ditjen Hubla, Hary Bowo Seno

Bandung (Maritimnews) – Berbagai upaya untuk peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) penyelenggara pelayanan publik Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub rutin dilaksanakan Kementerian Perhubungan antara lain, Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Duta Pelayanan Publik, Bimbingan Teknis Pengelolaan Dokumentasi Pelayanan Publik, dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat. Tujuannya agar pengetahuan dan kompetensi manajerial pada penyelenggaraan pelayanan publik meningkat.

Sekditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Lollan Panjaitan menekankan upaya peningkatan kualitas SDM Ditjen Hubla melalui Bagian Organisasi dan Humas, salah satu upayanya dengan menyelenggarakan Workshop Penataan Ketatalaksanaan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Tahun 2024 pada tanggal 22-26 Juli 2024 di Hotel Holiday Inn Bandung, Jawa Barat.

Acara ditujukan kepada para Kepala Bagian dan Kepala Subbagian Tata Usaha di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tersebut dibuka oleh Sekretaris Jenderal Perhubungan Laut yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyediaan, pelaksanaan dan evaluasi pemenuhan komponen utama penyelenggaraan pelayanan publik merupakan tugas dan tanggung jawab pelaksana fungsi ketatausahaan.

“Saya sampaikan kepada para Kepala Bagian atau Kepala Subbagian Tata Usaha bahwa tugas dan fungsi Bapak dan Ibu memegang peranan penting dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik pada masing-masing unit kerja,” terang Lollan.

Sebagai informasi kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP-DJPL 263 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Dalam keputusannya diatur 5 (lima) komponen utama dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang meliputi, Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan; Standar Ruang Pelayanan Publik; Duta Pelayanan Publik; Informasi Layanan Publik; dan Survei Kepuasan Masyarakat.

(Bayu Jagadsea/MN)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com