Published On: Fri, Jan 20th, 2017

Cadet Visit 2017, Taruna AAL Kunjungi Singapura

Kunjungan Taruna AAL ke Singapura.

Kunjungan Taruna AAL ke Singapura.

MNOL, Singapura – Sebanyak empat Taruna Akademi Angkatan Laut tingkat IV angkatan ke-62 telah melaksanakan kunjungan ke Singapura dalam rangka menghadiri undangan Cadets Visit yang diselenggarakan oleh SAFTI Military Institute Republic of Singapore Navy, tanggal 3-6 Januari 2017. Keempat Taruna tersebut adalah Sersan Mayor Taruna (Sermatutar/P) Ivan Archad, Sermatutar (E) Wahduani Kaeruman, Sermatutar (S) Riko Soetardi, dan Sermatutar (M) M. Luthfi didampingi Mayor Laut (P) Novyan. Cadets Visit tersebut merupakan kegiatan pertama Taruna AAL melaksanakan kunjungan keluar negeri pada tahun 2017.

Kegiatan Cadets Visit Singapore dilaksanakan selama empat hari, dimulai dari tanggal 3 – 6 Januari 2017. Selama di Singapura, Taruna AAL melaksanakan kunjungan kehormatan ke lembaga pendidikan latihan militer Singapore Armed Force Training Institute atau disingkat SAFTI, Kunjungan ke Singapore Discovery Centre, dan Changi Naval Base, tempat-tempat pelatihan dan pembelajaran Midshipment yang ada di Singapore serta kunjungan ke RSS Formidable .

Pada hari pertama (4/1), Delegasi Indonesia berangkat menuju SAFTI untuk melaksanakan kunjungan kehormatan dan beberapa pengenalan terhadap Angkatan Laut Singapura. Sesampainya di SAFTI, SLTC Tan Bian yang menjabat sebagai Wakil Commanding Midshipment School menyambut delegasi Indonesia dan memberikan berbagai informasi tentang SAFTI MI RSN serta pengenalan terhadap tempat dan sejarah singkat awal dibentuknya lembaga pendidikan tersebut. Taruna AAL juga berkesempatan untuk mengikuti kelas yang dilaksanakan para Cadet Singapura dan  berinteraksi langsung sesama Taruna/Kadet.

Keesokan harinya, Taruna AAL mengunjungi Changi Naval Base yang  terdapat FMSS atau pusat pelatihan navigasi baik calon Perwira dan Perwira Royal Singapore Navy. Di satuan tersebut terdapat Bridge Simulator sebagai sarana latihan praktek membawa kapal bagi Kadet dan Perwira RSN.

Selanjutnya, Taruna AAL berkunjung ke RSS Formidable  yang diterima Perwira Kapal untuk melaksanakan Ship tourdikapal tersebut. RSS Formidable merupakan salah satu kapal jenis Frigate yang dimiliki oleh RSN. Selain itu Taruna  AAL juga melaksanakan kunjungan kehormatan di Kedutaan Besar RI yang diterima Athal Kolonel Laut (P) Sumartono.

Sebelumnya pada tahun 2016, beberapa perwakilan Taruna juga telah berkunjung ke Amerika Serikat untuk menghadiri undangan United States Naval Academy dan berkunjung ke India untuk menghadiri undangan Indian Naval Academy.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google