Published On: Fri, Jan 20th, 2017

Tingkatkan Status Pelabuhan Ende-Ippi, Pelindo III dan Pemkab Lakukan Sinergi

Uji coba penyandaran kapal dermaga Ende-LPPI.

Uji coba penyandaran kapal dermaga Ende-Ippi.

MNOL, Kupang – Pelindo III terus berusaha meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan di kawasan timur Indonesia. Salah satunya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, untuk meningkatkan status Pelabuhan Ende-Ippi dari pelabuhan kawasan menjadi pelabuhan cabang. Keseriusan ini tampak dari beberapa kali kedatangan direksi BUMN tersebut meninjau langsung ke pelabuhan tersebut.

Saat ini Pelabuhan Ende-Ippi merupakan satu dari tiga pelabuhan kawasan di bawah pengelolaan Pelabuhan Tenau, Kupang, yang dikelola Pelindo III. Dengan meningkatnya status pelabuhan menjadi pelabuhan cabang maka pengelolaan pelabuhan akan semakin terfokus. Hal ini senada dengan tekad Pemda Ende yang terus meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kelancaran logistik di Ende terutama melalui transportasi laut.

Pelabuhan Ende – Ippi terdiri dari dua pelabuhan yang terpisah yaitu Pelabuhan Ende dan Pelabuhan Ippi. Pelabuhan tersebut merupakan pelabuhan alam yang pengoperasiannya sangat dipengaruhi oleh musim. Di saat musim barat, pelabuhan lebih berpusat di Ippi, sedangkan saat musim tenggara dengan alun laut yang tinggi di Ippi, membuat kapal lebih aman beroperasi di Pelabuhan Ende.

Pada tahun 2017, sinergi antara Pelindo III, Otoritas Pelabuhan dan Pemkab Ende terasa semakin bergairah dengan telah dilakukannya uji coba penyandaran kapal di dermaga baru Pelabuhan Ippi. Dermaga baru yang dibangun dengan dana APBN berhasil disandari dengan mulus oleh KM. Awu, pada awal Januari lalu, disaksikan oleh Bupati  dan Wakil Bupati Ende, serta Muspida setempat.

“Jika dilakukan kerjasama pemanfaatan dengan Pelindo III, maka Pelabuhan Ende-Ippi akan memiliki total empat dermaga dengan panjang total 369 meter,” ujar Manager Pelabuhan Ende-Ippi, Respati Budi Kristyantoro.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Ende Marselinus Petu, mengungkapkan, dengan bertambahnya fasilitas Pelabuhan Ippi, maka dipastikan geliat perekonomian masyarakat Flores pada umumnya dan Ende pada khususnya akan semakin meningkat.

“Posisi Ende yang strategis di tengah–tengah Pulau Flores dengan hinterland Ende dan kota–kota Flores di sisi pantai selatan akan sangat diminati. Terlebih dengan potensi wisata Danau Kelimutu yang sedang melejit namanya akan jadi gula manis yang siap menarik antusiasme wisatawan yang datang dengan kapal pesiar untuk sandar di Pelabuhan Ende-Ippi,” tambahnya.

Di tengah semangat membangun Pelabuhan Ende-Ippi menjadi pelabuhan cabang, terdapat banyak sekali tugas rumah yang harus dikerjakan oleh Pelindo III, baik dari sisi operasional dan administrasi. Banyaknya fasilitas pelabuhan yang harus dibenahi membuat pembangunan infrastruktur dan suprastruktur pelabuhan di tahun 2017 dikebut, setidaknya ada empat proyek investasi di tahun 2017.

“Investasi yang dilakukan Pelindo III pada tahun 2017 diantaranya yaitu, proyek pengerasan lapangan penumpukkan barang, perkuatan dermaga (grouting), pembangunan gedung terminal penumpang kapal laut baru di Ende dan Ippi, serta pembangunan gedung kantor baru untuk Pelindo III dalam melayani pengguna jasa kepelabuhanan,” ujar General Manager Kupang, Boy Robianto.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google