Published On: Sat, Mar 11th, 2017

Luhut Akan Tuntaskan Masalah Labuh Jangkar Pulau Tolop

Menko  Kemaritiman Luhut Pandjaitan berama Gubernur Nurdin Basirun, Menteri PANRB Asman Abnur, dan Wamen ESDM Arcandra Tahar ketika meninjau Pulau Tolop di Batam, Kepulauan Riau.

Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan berama Gubernur Nurdin Basirun, Menteri PANRB Asman Abnur, dan Wamen ESDM Arcandra Tahar ketika meninjau Pulau Tolop di Batam, Kepulauan Riau.

MNOL, Batam – Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan menyatakan keterkejutannya saat menyaksikan kegiatan labuh jangkar dalam perjalanannya menuju Pulau Tolop, salah satu pulau terluar di wilayah provinsi kepulauan Riau.

“Ada kegiatan labuh jangkar di pulau Tolop yang saya saksikan dari helikopter, tadi ada sekitar 30 kapal (yang sedang labuh jangkar) di Belakangpadang. Saya tanya Gubernur, ia tidak mengetahui kegiatan ini. Menurut Gubernur pasti ada pungutannya, tapi tidak masuk ke Pemda,” ujar Menko Luhut usai melakukan peninjauan ke pulau tersebut bersama Gubernur Nurdin Basirun, Menteri PANRB Asman Abnur, dan Wamen ESDM Arcandra Tahar pada hari Jumat (10/3).

Untuk mencari solusi masalah ini, ia mengatakan akan segera memanggil pihak-pihak dan lembaga terkait untuk membicarakan isu ini.

“Sekarang mau kita koordinasikan bagaimana menyikapi ini, minggu depan kita akan rapat dengan Kementerian Perhubungan, KKP, Pemda, Angkatan Laut, Bakamla, dan beberapa instansi lain. Kita mau gimana nih terhadap kejadian yang saya saksikan tadi. Kami juga akan diskusikan dengan IMO (Organisasi Maritim Internasional) bagaimana jalan keluarnya tapi tentunya kita akan bicarakan dan berkoordinasi lebih dahulu. Supaya ada yang mengawasi, karena ini juga rentan menjadi tempat penyelundupan narkoba bahkan terorisme,” ujarnya seusai kunjungan ke Pulau Tolop di Bandar Udara Hang Nadim, Batam.

Menurut Menko Luhut, idealnya tanggungjawab penjagaan pulau diserahkan kepada Angkatan Laut RI, selama ini, katanya, memang ada sekitar 12 personel AL di sana,tetapi pihaknya akan melihat aturan yang ada dan mendiskusikannya dalam rapat yang akan dilaksanakan di Kantor Kemenko bidang Kemaritiman di Jakarta.

“Harus ada langkah-langkah terpadu agar perbatasan kita aman. Fokus kita saat ini bagaimana menyelesaikan masalah Pulau Tolop dan menjaga Pulau Nipa,” kata Menko Luhut.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com