Published On: Tue, Dec 5th, 2017

Membedah Kekuatan Maritim Indonesia dan Negara Pesisir Laut Natuna Utara di Hari Armada Nasional

Patrol and Coastal Combatants

Statistik armada jenis Patrol and Coastal Combatants angkatan laut negara-negara Laut Natuna Utara (Sumber IISS Millitary Balance 2017).

Statistik armada jenis Patrol and Coastal Combatants angkatan laut negara-negara Laut Natuna Utara (Sumber IISS Millitary Balance 2017).

Dalam kategori armada tempur ini, Tiongkok tetap merajai kuantitas kapal yang dimilikinya. Malaysia berada di peringkat ke dua dan disusul Indonesia yang berada di peringkat ke tiga.

  1. Tiongkok dengan total 730 armada  di mana 27 unit diantaranya merupakan jenis Corvettes serta 462 unit merupakan kapal yang dioperasikan oleh China Coast Guard dan 61 unit adalah kapal yang dioperasikan oleh Maritime Safety Administartion.
  2. Malaysia dengan total 377 armada dengan 4 unit Corvettes di dalamnya serta 132 unit dioperasikan oleh Marine Police, 185 unit dioperasikan oleh Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA), dan 23 unit merupakan Customs Service.
  3. Indonesia dengan total 223 armada di mana 20 unit diantaranya berjenis Corventtes di mana 31 unit diantaranya merupakan kapal yang dioperasikan oleh KPLP, 6 unit oleh Bakamla, 37 unit oleh satuan Polisi Air dan Udara, serta 65 unit Custom Servives.
  4. Taiwan dengan total 206 unit armada termasuk 1 unit Corvettes di dalamnya serta 146 unit dioperasikan oleh Coast Guard dan 9 unit oleh Directorate Generate.
  5. Vietnam dengan total 149 armada yang 6 unit diantaranya berjenis Corvettes serta 56 kapal yang dioperasikan oleh Vietnam Coast Guard dan 22 unit oleh Fisheries Surveillance Force.
  6. Filipina dengan total 138 armada tanpa ada Corvettes di dalamnya, serta 72 unit merupakan kapal yanng dioperasikan oleh Coast Guard
  7. Brunei dengan total 22 armada yang 4 unit diantaranya adalah Corvettes serta 10 unit merupakan kapal patroli yang dioperasikan oleh Royal Brunei Police.

 

Lanjut ke Submarines

Kembali ke Principal Surface Combatants

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com