Published On: Mon, Sep 3rd, 2018

Perkuat Jiwa Kemaritiman, Kolinlamil Ajak Mayarakat Kunjungi Kapal Perang

Komunitas otomotif radio komunikasi yang menamakan dirinya Blank Blend Thonk (BBT) Mobile Community, Sabtu (1/9) berkunjung ke Kolinlamil dan naik ke KRI Tanjung Kambani 971.

Komunitas otomotif radio komunikasi yang menamakan dirinya Blank Blend Thonk (BBT) Mobile Community, Sabtu (1/9) berkunjung ke Kolinlamil dan naik ke KRI Tanjung Kambani 971.

MN, Jakarta – Ingin mencoba naik kapal perang? Kita bisa mencobanya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Deretan kapal perang penjaga lautan RI siap menerima kunjungan masyarakat umum yang bukan hanya untuk berwisata tapi juga bagi mereka yang ingin belajar.

Hampir setiap hari terdapat rombongan anak-anak sekolah, mulai dari siswa taman kanak-kanak, SD, SMP, SMA, tingkat perguruan tinggi, hingga masyarakat umum yang sekedar ingin tahu lebih jauh tentang kapal perang. Baik yang berasal dari wilayah Jabodetabek maupun dari luar Jabodetabek silih berganti memasuki Mako Kolinlamil untuk mengunjungi sejumlah kapal perang TNI AL yang berada di bawah kendali operasional Kolinlamil tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh komunitas otomotif radio komunikasi yang menamakan dirinya Blank Blend Thonk (BBT) Mobile Community, yang pada Sabtu (1/9) berkunjung ke  Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Komunitas otomotif stasiun bergerak yang memancar pada frekuensi amatir radio ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia), yang anggotanya berasal dari berbagai kalangan dan profesi tersebut, ingin mengetahui lebih jelas mengenai Kolinlamil beserta kapal-kapal perangnya.

Komunitas BBT yang anggotanya juga menjadi bagian dari relawan anti narkoba yang di bawah naungan Badan Narkotika Nasional (BNN) ini, memanfaatkan momen kunjungan ke Markas Kolinlamil ini untuk mengetahui langsung tugas dan fungsi Kolinlamil sebagai pembina tunggal (Anglamil) Angkutan Laut Militer dan angkutan laut nasional sekaligus ingin merasakan sensasi naik kapal perang sebagai bentuk pengalaman berharga bagi anggota komunitas BBT.

Menurut pimpinan rombongan komunitas BBT Ade Nurdin Virdiansyah, keberadaan unsur kapal perang Kolinlamil yang terdiri dari kapal perang jenis Bantu Angkut Personel (BAP), Landing Ship Tank (LST), Bantu Umum (BU), dan Landing Platform Dock (LPD), merupakan daya tarik bagi komunitasnya sebagai kegiatan kunjungan edukasi untuk mengenal lebih jauh tentang dunia kebaharian, masalah keamanan laut, serta penegakan hukum di laut.

Rombongan yang datang dengan sejumlah 100 orang tersebut, terlihat antusias untuk mengenal kapal perang yang sedang sandar didermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, salah satunya yang komunitas tersebut kunjungi adalah KRI Tanjung Kambani 971.

Kolinlamil sendiri, dalam hal ini Staf Potensi Maritim (Spotmar) yang menerima kunjungan tersebut telah menyiapkan berbagai paket kegiatan. Mulai dengan pengenalan secara umum tentang tugas TNI AL dan Kolinlamil hingga garis besar kapal perang yang dikunjungi, yang meliputi tugas pokok, negara asal pembuat sampai dengan spesifikasi teknis kapal perang bersangkutan yang disampaikan oleh perwira di masing-masing KRI tersebut.

Selain itu, para pengunjung juga diberi kesempatan untuk menonton film yang berisi rekaman kegiatan maupun profil yang berkaitan dengan kegiatan TNI AL dan Kolinlamil khhususnya, serta kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan tugas-tugas TNI AL sebagai penegak kedaulatan dan hukum di perairan Indonesia. Para pengunjung juga diajak berkeliling melihat seluruh bagian kapal.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com