Published On: Sun, Sep 2nd, 2018

STP Lantik 261 Wisudawan, Pemerintah Berharap Terwujudnya Perikanan dan Kelautan Berdaulat

Suasana Wisuda Sarjana Terapan Perikanan Angkatan 50 dan Program Pascasarjana Angkatan VI Tahun 2018.

Suasana Wisuda Sarjana Terapan Perikanan Angkatan 50 dan Program Pascasarjana Angkatan VI Tahun 2018.

MN, Jakarta – Sekolah Tinggi Perikanan (STP) menggelar Upacara Wisuda Sarjana Terapan Perikanan Angkatan 50 dan Program Pascasarjana Angkatan VI Tahun 2018 di Auditorium STP Jakarta, Jl. AUP Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (1/9).

Pada tahun ini STP mewisuda 261 orang wisudawan yang terdiri dari 255 orang berasal dari enam Prodi Sarjana Terapan dan lima orang berasal dari Program Pascasarja/Magister Terapan.

Dari 261 orang wisudawan tersebut, seratus delapan orang diantaranya merupakan wisudawan yang berasal dari keluarga Pelaku Utama Perikanan (Pumakan) yang diharapkan setelah terjun langsung ke masyarakat nanti mereka bisa memberikan nilai tambah bagi dunia perikanan yang selama ini menjadi penopang hidup keluarganya.

Mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Prabowo menyatakan bahwa saat ini tantangan yang dihadapi pendidikan vokasi pada setiap perguruan tinggi semakin besar. Hal ini terjadi bukan hanya karena dinamika ilmu pengetahuan yang semakin berkembang dan semakin ketatnya pola penerimaan pasar terhadap lulusan dari program pendidikan vokasi tersebut, namun juga berasal dari tantangan yang lahir dari kompetisi perguruan-perguruan tinggi tersebut guna menjadi lembaga terbaik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencetak lulusan yang diterima dunia usaha.

Selain itu, Menteri Susi juga berharap agar seluruh wisudawan STP pada tahun ini terus mendukung terwujudnya sektor kelautan dan perikanan yang berdaulat, menyejahterakan bangsa, berkelanjutan, serta memiliki daya saing yang tinggi.

“Tantangan yang dihadapi pendidikan vokasi pada setiap perguruan tinggi semakin besar. Sehingga diperlukan kualitas individu yang kompeten, berkarakter, jujur, disiplin, kreatif, beretos kerja tinggi dalam melaksanakan tugasnya, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Termasuk di dalamnya ialah mengembangkan perekonomian, penegakan hukum , pelestarian lingkungan, serta kesejahteraan masyarakat, khususnya yang berada di pulau-pulau terluar dan tempat terpencil lainnya,” ungkap Menteri Susi yang diwakili oleh Sekjen KKP Nilanto Prabowo.

Senada dengan Menteri Susi, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kelautan dan Perikanan Sjarief Widjaja berharap seluruh wisudawan STP dapat terus mengembangkan diri untuk menghadap tantangan persaingan global dan perkembangan IPTEK dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang mendukung bidang keahliannya masing-masing.

Selain itu, ia juga berpesan agar para wisudawan mampu menjunjung tinggi integritas, loyalitas, disiplin kerja, senantiasa mengedepankan kejujuran dan nilai-nilai luhur, serta terus menjaga nama baik alamamter.

“Semua itu merupakan bekal yang sangat berharga untuk diimplementasikan di masyarakat dan dunia nyata yang siap menanti pengabdian kalian (wisudawan). Jangan cepat berpuas diri karena ini merupakan awal dari perjalanan panjang. Kesuksessan tidak dapat diraih secara instan namun perlu usaha yang maksimal dan kerja keras,” tutupnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com