Published On: Wed, Jan 23rd, 2019

Beri Kuliah Umum Kebencanaan di Seskoal, Mensos Paparkan Berbagai Aspek Persiapan Bencana

Mensos Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita M.Si. saat memberikan kuliah umum di hadapan Perwira Mahsiswa Seskoal.

MNOL, Jakarta – Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) menggelar kuliah umum untuk seluruh Perwira Mahasiswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-57 ini dengan menghadirkan dosen tamu Menteri Sosial (Mensos) Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si di Gedung  Samadikun Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (22/1).

Dalam kuliah umum yang mengangkat tema “Peran Kementerian Sosial RI Dalam Penanganan Masyarakat Pesisir Pasca Bencana Alam” ini , Mensos memaparkan tentang peran Kementerian Sosial (Kemensos) tatkala menanggulangi bencana alam yang terjadi.

Peran Kemensos tersebut tertuang dalam program yang dilakukan dalam beberapa tahapan dengan melihat aspek sosial di mana aspek-aspek tersebut mencakup segala macam hal yang harus dipersiapkan sebeum bencana terjadi.

“Aspek tersebut mencakup segala hal yang harus dipersiapkan sebelum bencana terjadi, antara lain dengan menyiapkan, sistem penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial, penyediaan sarana dan prasana logistik, pelatihan untuk tagana muda, madya, dan utama, fasilitas untuk sahabat tagana, fasilitas untuk pembentukan Kampung Siaga Bencana, fasilitas untuk pembentukan Forum Keserasian Sosial dan Kearifan Lokal, fasilitas untu Tagana Goes to School, serta sosialisasi, simulasi, dan gladi lapangan,” ujarnya.

Lebih dari itu, ia juga menegaskan bahwa asistensi sosial juga harus dilaksanakan pada saat bencana terjadi, seperti aktivasi Sistem Tanggap Darurat (Dapur Umum, Tenda, dan Logistik), layanan dukungan psikososial (LDP), pengerahan SDM Tagana dan relawan sosial, pemberian bantuan pemenuhan kebutuhan dasar, serta pelayanan sosial lainya.

“Dalam pemulihan sosial, para korban perlu diberikan bantuan pemulihan (santunan ahli waris, jaminan hidup, isi hunian dan bahan bangunan rumah),  layanan dukungan psikososial (LDP), melaksanakan rujukan shelter, sekolah, kesehatan, sanitasi air, serta lapangan pekerjaan,” tegasnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com