Published On: Wed, Jan 23rd, 2019

Bangun Karakter Sebagai Coast Guard, Bakamla Gelar Nonton Bareng Video Coast Guard Filipina

Inspektur Bakamla RI Laksma Bakamla Drs. Sarono, M.H. saat memberikan pengarahan sebeum acara nonton bareng video coast guard Fiipina dan Bangladesh.

MN, Jakarta – Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menggelar acara Nonton Bareng Video Coast Guard Fiipina dan Bangladesh di Aula Mako Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56 Jakarta Pusat, Rabu (23/1).

Acara ini merupakan lanjutan dari beberapa gelaran nonton bareng sebelumnya, yaitu nonton bareng video US Coast Guard (USCG), Indian Coast Guard (ICG), dan Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA), yang  bertujuan sebagai sarana pembelajaran bagi para personel Bakamla tentang fungsi dan tugas Bakamla sebagai penjaga pantai (coast guard) sekaligus memberikan edukasi kepada mereka bahwa Bakamlalah coast guard  yang diakui oleh negara-negara lain.

Dalam acara tersebut, Inspektur Bakamla RI Laksma Bakamla Drs. Sarono, M.H., memberikan arahan kepada ratusan personel Bakamla RI yang hadir untuk selalu mau mempelajari pengalaman, baik dari diri sendiri maupun dari negara lain demi memajukan institusi yang menjaga pantai kita ini.

“Mari kita mulai ‘membaca’ apa itu Bakamla yang dulu, bagaimana Bakamla sekarang dan mau seperti apa Bakamla yang akan datang. Semua bisa diketahui dengan membaca. Membaca bisa dari melihat, mendengar, atau belajar dari pengalaman yang lain, seperti yang akan kita lakukan sekarang yaitu membaca karakter Coast Guard negara lain,” ujarnya.

Demi mendukung pembangunan karakter paramiliter yang tangguh, ia juga menekankan akan pentingnya pengawasan setiap atasan kepada personel yang dipimpinnya.

“Penting bagi setiap atasan untuk secara langsung melakukan pengawasan kepada setiap personel, serta memperkuat kewenangan untuk pemberian rekomendasi reward dan punishment terhadap sikap dan perilaku personelnya,” tambahnya.

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya (Laksdya) Achmad Taufieqoerrochman, pada dasarnya sudah seringkali menyatakan bahwa amanah untuk mengembangkan Bakamla RI agar dapat melaksanakan fungsi sebagai Coast Guard telah dituangkan dalam Surat Seskab Nomor B.551/Seskab/9/2015, dan negara-negara Coast Guard di dunia pun telah mengakui Bakamla sebagai counter part sesama Coast Guard di Indonesia, seperti hasil yang didapat pada kunjungan Kepala Bakamla ke India, Vietnam, Malaysia, dan Singapura beberapa waktu yang lalu.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google