Published On: Tue, Feb 12th, 2019

Dukung Gagasan Universitas Maritim, PPI Sambangi Seskoal

Danseskoal Laksamana Muda Dr. Amarulla Octavian ST, MSi. DSDE (kanan) saat berdiskusi dengan Ketum PPI Andriyani Sanusi.

MN, Jakarta – Salah  satu organisasi kepelautan tanah air, Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI), melakukan silaturahmi dan audiensi dengan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) di Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (12/2).

Pertemuan yang berlangsung selama lebih kurang dua setengah jam tersebut, mendiskusikan berbagai hal terkait perkembangan dunia kemaritiman tanah air. Salah satu permasalahan menarik yang didiskusikan cukup mendalam ialah terkait keseriusan pendirian Universitas Maritim Indonesia (UMI) yang dilontarkan oleh Komadan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian ST, MSi., DSDE., tatkala menanggapi pertanyaan Menko PMK Puan Maharani tentang kurangnya sumber daya manusia maritim yang kita miliki saat ini.

Dalam hal ini, Danseskoal menyatakan kesiapan lembaga yang dipimpinnya untuk menjadi intisari pendirian universitas maritim yang telah lama kita dambakan ini. Lembaga pendidikan bagi calon-calon pimpinan  TNI AL ini siap untuk memberikan berbagai macam kebutuhan pendiriannya, mulai dari penyusunan konsep hingga penyediaan tenaga pengajar yang sangat memahami konsep kemaritiman negeri ini.

Mantan Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan ini mengungkapkan bahwa bangsa ini  sejatinya masih kekurangan sumber daya manusia di bidang maritim yang memiliki visi jauh ke depan dan siap untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan, utamanya terkait dengan cita-cita menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, yang tentunya membutuhkan kualitas sumber daya manusia yang harus jauh lebih baik dari saat ini.

“Universitas Maritim Indonesia ini nantinya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan sumber daya manusia maritim kita, khususnya di tingkatan akademisi, yang mana konsentrasi lembaga-lembaga pendidikan maritim kita selama ini cenderung untuk menghasilkan praktisi,” ujarnya.

Menanggapi pemaparan Danseskoal tersebut, Ketua Umum Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) Andriyani Sanusi memeberikan dukungan penuh dan siap bekerja dalam berbagai sektor untuk turut mengembangkan universitas maritim pertama di negeri dengan garis pantai terpanjang nomor dua di dunia ini.

Sejalan dengan wacana pendirian universitas maritim ini, PPI sejatinya juga berharap bila nantinya hal ini benar-benar terwujud, bisa meningkatkan kualitas para pelaut bangsa ini, di mana selama ini, PPI sendiri merasa bahwa kualitas pelaut kita sendiri masih jauh dari selayaknya yang diperkuat dengan minimnya wadah pendidikan, khususnya lembaga formal, yang paham akan konsep-konsep kemaritiman yang baik.

Lebih jauhnya, selain mendukung penuh wacana universitas maritim ini, PPI juga ingin terlibat langsung menjadi bagian dari sumber daya manusia maritim yang hendak ditingkatkan kualitasnya melalui universitas maritim ini. Di mana selama ini, mereka merasa belum memperolehnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com