Published On: Wed, Feb 6th, 2019

Tingkatkan Kemampuan, Bakamla RI Gelar Boarding Party Officer – MTT Bersama USCG

Boarding Party Officer-MTT Bakamla RI-US Coast Guard.

Peserta pelatihan ini mampu melaksanakan penanganan terhadap tindak kejahatan dengan benar dan sesuai prosedur, serta terwujudnya standar tim boarding yang memiliki naluri tempur tinggi.

MN, Batam – Badan Keamana  Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama US Coast Guard menggelar pelatihan Boarding Party Officer Mobile Training Team (MTT) di Perairan Tanjung Uncang, Batam, Kepulauan Riau, Senin (4/2).

Pelatihan yang berlangsung di atas  dibuka oleh Direktur Latihan Bakamla Laksma Bakamla Suwarno, S.I.P, yang membacakan sambutan Kepala Bakamla RI. Dalam sambutannya, Laksma Suwarno mengatakan bahwa latihan ini merupakan sarana untuk meningkatkan kemampuan Tim Pemeriksa Kapal dalam menjalankan tugas sesuai dengan Prosedur Operasional Teknis dan Taktis guna mendukung Kesiapan Operasi Bakamla.

Harapannya, ke depan peserta pelatihan ini mampu melaksanakan penanganan terhadap tindak kejahatan dengan benar dan sesuai prosedur, serta terwujudnya standar tim boarding yang memiliki naluri tempur tinggi.

Sebelumnya disampaikan pula laporan Kasubdit Penyelenggaraan Latihan Kolonel Bakamla Jukiman Situmorang,S.IK., M.Hum selaku Ketua Panitia, yang mengatakan bahwa tujuan dan sasaran latihan Boarding Party MTT USCG ini adalah agar kemampuan dan keterampilan peserta semakin meningkat serta meningkatkan rasa percaya diri personel dalam menjalankan tugasnya.

Latihan ini sendiri diikuti oleh 20 personel dari Zona Maritim Barat, KN Bintang Laut 4801, dan KN Belut Laut 4806. Metode pembelajaran yang digunakan adalah pembekalan materi di kelas, praktek di kapal, serta gladi manuver lapangan di laut.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung dari tanggal 4 s.d 15 Februari ini akan melibatkan enam instruktur dari US Coast Guard dan akan didukung pula oleh dua unit Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB) untuk melakukan aksi gladi peran pemeriksaan dan penggeledahan kapal atau yang dikenal dengan istilah Boarding Party.

Pembukaan Boarding Party Officer – MTT dihadiri oleh Komandan KN Tanjung Datu 1101 Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono, S.H., M.Si (Han), M.Mar, Kasubdit Perencanaan Latihan Kolonel Bakamla Irwan Shobirin, Kasubdit URCL Kantor Kamla Zona Maritim Barat Kolonel Bakamla David Hastiadi, dan seluruh peserta latihan ini.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google