Published On: Mon, Mar 4th, 2019

Rute Terberat Disusuri, Ekspedisi Bakti Nusa Jalani Trip Ke Empat

Ekspedisi Pinisi Bhakti Nusa Trip 1.

MN, Jakarta – Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa saat ini tengah melakukan pelayaran trip ke empat. Pelayaran trip ke empat ini akan menyinggahi beberapa titik antara lain Pulau Misool, Pulau Bula, Pulau Geser, Pulau Banda, Pulau Kur, Pulau Molu, Pulau Sera, Saumlaki, dan pulau Selaru.

Koordinator Program Ekspedisi Pinisi, Moh. Abdi Suhufan mengatakan bahwa pelayaran trip ke empat ini merupakan salah satu rute terberat.

“Titik akhir trip ini adalah Pulau Selaru di Kab. Kepulauan Tanimbar dan di sana kapal pinisi akan melakukan bakti sosial,” kata Abdi.

Pulau Selaru adalah salah satu pulau-pulau kecil terluar yang ditetapkan melalui Perpres 78/2005 yg diperbaharui dengan Keppres No. 6/2017 tentang Penetapan PPKT.

Pulau berpenduduk sekitar 13.000 jiwa ini sangat memiliki posisisi dan potensi yang sangat strategis. “Kami sekaligus ingin melakukan pengecekan terhadap perkembangan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat pulau Selaru yang merupakan beranda depan di Selatan Indonesia,” jelasnya.

Bakti Sosial di Pulau Selaru rencannya meliputi kegiatan pemeriksanaan kesehatan, penyuluhan sanitiasi, bersih pulau, serta pengenalan ekosistem terumbu karang dan biota laut bagi pelajar.

Untuk mendukung kegiatan bakti sosial tersebut, ISKINDO dan Yayasan Makassar Skalia mengundang keterlibatan  para pihak untuk bekerjasama. Kegiatan ini rencanyana akan dilakukan pada hari Sabtu 9 Maret 2019.

Ketua Umum Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO), Muh. Zulficar Mochtar mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial di pulau terluar merupakan bentuk aksi ISKINDO melalui ekspedisi untuk menggalang kepedulian publik terhadap isu-isu di pulau kecil terluar.

“Ada banyak problem kemasyarakatan di pulau terluar yang selama ini luput dari perhatian kita sehingga perlu sama-sama ditangani. Kami mengundang semua pihak untuk bersama-sama melalukan aksi sosial membangun kepedulian bersama melalui ekspedisi pinisi bakti Nusa di pulau terluar,” pungkasnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google