Published On: Thu, Aug 15th, 2019

PemProv/PemDa Butuh Bentuk BUMD Perikanan

Ikan laut (foto:BeritaSatu.com)

MN, Jakarta – Dalam rangka mengoptimalkan potensi ekspor perikanan di wilayah Timur Indonesia dibutuhkan strategi khusus agar menarik investor dan buyer luar negeri. Dengan menciptakan added value dari sisi perikanan tanpa membentur rambu Peraturan.

Menurut Capt Ahmad Irfan selaku Konsultant Bisnis Maritim, sebaiknya PemProv dan PemDa Tk II di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua, membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang menangani sektor perikanan tangkap dan kegiatan ekspor.

“Membentuk BUMD dapat menggenjot potensi besar sektor perikanan, karenanya membutuhkan upaya strategi khusus terkait meningkatkan nilai ekspor ikan laut di perairan milik Indonesia,” jelas Ahmad Irfan kepada Maritimnews di Jakarta, Kamis (15/8).

Atas nama poros maritim dunia, lanjut Ahmad, pihaknya menyarankan agar PemProv dan PemDa membentuk BUMD perikanan tangkap dan Trading, dan bekerjasama badan financial dunia untuk Bareboat/Forward Agreement/Time Charter kapal-kapal penangkap ikan bertehnologi modern.

“Sekaligus pihak BUMD sektor perikanan dapat membuat financial agreement di dalam negeri maupun luar negeri,” ujarnya.

Selain itu, PemProv/PemDa Tk II harus membuat Tempat Pelelangan Ikan dan mengundang Penerbangan Langsung (direct) seperti pesawat-pesawat amphibi ke sentra perdagangan ikan dunia, antara lain di Singapore, Hongkong, Tokyo, juga New York USA.

“Bahkan ikan Tuna bisa diangkut dan dijual keadaan hidup ke sentra perdagangan Tuna di dunia, menggunakan kapal-kapal tanki yang dikonversi khusus mengangkut ikan Tuna hidup,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google