Published On: Sat, Aug 17th, 2019

Sambut HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia, PPAL Gelar Upacara dan Tabur Bunga di Teluk Jakarta

Acara Tabur Bunga di atas Geladak KRI Semarang.

Acara Tabur Bunga di atas Geladak KRI Semarang.

MN, Jakarta – Dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-74, Persatuan Purnawirawan TNI AL (PPAL) melaksanakan upacara detik-detik Proklamasi di atas geladak KRI Semarang-594.

Kapal perang buatan dalam negeri ini, mengarungi perairan Teluk Jakarta untuk mengiringi rangkaian upacara memperingati HUT kemerdekaan ini. Dalam upacara dimulai tepat pukul 10.00 WIB ini, Ketua PPAL Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup), menyebut bahwa kegiatan yang sudah ketiga kalinya dilakukan oleh PPAL ini sukses melebihi target peserta yang hadir.

“Jadi mereka para purnawirawan ini kan dulunya pelaku utama perjuangan. Ketika pensiun mereka tetap ingin memperingati upacara detik-detik proklamasi,Kemarin itu targetnya hanya 600 orang, tapi ini kelihatannya lebih, mencapai 900 orang. Kalau tahun kemarin itu hanya untuk Purnawirwan TNI AL saja, tapi sekarang saya undang juga dari PPAD, PPAU, Pepabri, dan PPolri,” terangnya.

Upacara ini juga diiringi dengan kegiatan tabur bunga di laut untuk menghargai jasa dan arwah pahlawan yang gugur di laut. Tak hanya Ketua PPAL, perwakilan dari purnawirawan angkatan lain juga melakukan tabur bunga di laut.

Ratusan peserta dari berbagai elemen hadir sebagai peserta upacara. Di antaranya para veteran, Purnawirawan AD, AL, AU, Polri, Saka Bahari, FKKPPI, Putra-Putri Maritim, perwakilan dari sekolah vokasi pelayaran, dan lain sebagainya.

Turut hadir dalam acara ini, Mantan Kasal dan Panglima TNI Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono, pakar hukum laut Chandra Motik, serta para petinggi TNI AL lainnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google