Published On: Thu, May 28th, 2020

Ditjen Hubla Minta Pelabuhan Makassar Antisipasi New Normal

Dirlala Ditjen Hubla saat mengunjungi MNP

MN, Makassar – Dalam rangka memonitoring dan pengawasan arus balik di masa pandemi Coronavirus (Covid-19), pihak Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub meminta kepada seluruh instansi di wilayah kerja PT Pelindo IV agar melakukan antisipasi dan menyiapkan diri untuk penerapan New Normal, khususnya di pelabuhan Makassar termasuk Makassar New Port (MNP).

Menurut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Capt Wisnu Handoko, setelah ada kemungkinan dibukanya angkutan laut pada tanggal 7 Juni 2020 mendatang guna menghidupkan kembali perekonomian, maka semua harus mengendalikan transmisi Covid-19 dengan mengatur ketat lokasi yang rentan berkumpulnya orang, termasuk pada sektor angkutan laut melalui protokol Covid-19.

Capt Wisnu Handoko menegaskan saat Rapat Pembahasan Kesiapan Antisipasi Pembatasan Perjalanan Arus Balik dan Protokol Covid Rapid Test/PCR Swab bagi Penumpang Angkutan Laut di Pelabuhan Utama Makassar, Rabu (27/5), selain melakukan monitoring agar mengantisipasi New Normal dengan mengutamakan protokol Covid-19 mulai dari menjaga kebersihan, memakai masker, serta physical dan social distancing.

Kemenhub juga akan mengikutsertakan PT PELNI (Persero), berkaitan dengan penyediaan tiket angkutan laut untuk menegakkan aturan protokol Covid-19. Dimana penumpang harus melengkapi syarat-syarat seperti melengkapi surat kesehatan bebas Covid-19 dari rapid test, PCR/Swab test dan syarat lain yang telah ditetapkan dari pelabuhan asal baik dari luar Makassar ataupun dari Makassar.

Hadir dalam rapat tersebut, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar Rahmatulah, Kepala Kantor Syahbandar Utama Makassar Ahmad Wahid, Asops Danlantamal VI/Asops Satgas Terpadu Covid-19 Transportasi Laut Sulsel, Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero) Prasetyadi, General Manager PT Pelindo IV Cabang Makassar Aris Tunru dan seluruh instansi terkait di pelabuhan Makassar.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com