Published On: Sat, Jun 6th, 2020

Guna Menopang Penelitian Kemaritiman, Rektor Unhan Dukung Penggunaan Metode SSM

Laksdya Amarulla Octavian.

MN, Jakarta – BKI Academy kembali mengadakan webinar dengan tajuk “Aplikasi SSM-Based AR Pada Riset Kemaritiman/Militer Dalam Penulisan Buku dan Jurnal”, Jumat (5/6).

SSM (Soft System Methodology) sendiri saat ini menjadi suatu metode yang membantu para akademisi di bidang ini untuk menghasilkan suatu karya berupa buku dan jurnal, yang bisa digunakan untuk menopang penelitian di bidang kemaritiman dan militer dalam bingkai kepentingan nasional.

Dalam webinar tersebut, Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, ST., MSc., DESD., memaparkan bahwa metode SSM ini merupakan salah satu metode yang sistematis yang menggunakan pendekatan terstruktur untuk memahami suatu masalah membangun model konseptual, mendapatkan kelayakan dan perubahan yang diinginkan serta mengimplementasikannya.

Lebih lanjut, mantan Danseskoal ini juga menampilkan beberapa buku hasil karyanya,  yang merupakan hasil pemikiran dan penelitiannya di lapangan. Di mana buku-buku tersebut diharapkan bisa menjadi referensi bagi para akademisi yang bergelut di bidang kemaritiman dan pertahanan serta masyarakat umum.

“Ini buku ‘Transformasi Pendidikan Militer Telaah Sosiologis Sekolah Staf dan Komando TNI AL di Era Global’, ini berdasarkan hasil disertasi dari bimbingan Prof. Sudarsono,” ujarnya.

Buku itu merupakan penelitiannya kepada Seskoal selama 10 tahun kurun waktu 2002-2012. Ia menggunakan sejarah dibentuknya Seskoal dan analisis data dalam periode 2002-2012, yang kemudian dihadapkan dengan era global dalam lingkup perang laut modern.

“Langka kedua menstrukturkan organisasi Seskoal dan proses pekuliahan serta manajemen pendidikan dan teknologi perangkat keras,” tambahnya.

Lulusan AAL tahun 1988 ini lebih lanjut menyampaikan permasalahan yang ada terkait transformasi Seskoal berdasarkan analisis CATWOE yang terdiri dari Custome (pelanggan), Actors (actor), Transformation Process (Proses Transforamsi), World View (Pandangan Dunia), Owner (Pemilik) dan Environmental Constrains (Kendala Lingkungan).

“CATWOE menyediakan kerangka kerja dan pendekatan masalah,” ulasnya.

Lanjutnya, dalam Langkah berikutnya ia membuat kerangka konseptual yang dibangun untuk menjadi model dari pola pemikiran baru dengan definisi permasalahan Seskoal menggunakan suatu perangkat kegiatan yang sistematis.

Konsep transformasi Seskoal yang ditulis di buku itu pun menjadi kenyataan ketika Seskoal memperoleh ijin Kemenristek Dikti pada tahun 2015 untuk menyelenggarakan Program Magister Terapan.

Kemudian pada 15 Mei 2018, Seskoal memperoleh Akreditasi Nasional B dari BAN PT Kemenristek Dikti untuk menyelenggarakan Program Studi Strategi Operasi Laut Program Magister.

“Transformasi berikutnya sudah diagendakan di tahun 2024 ketika Seskoal menjadi World Class College. Apa saja strateginya, itu sudah kami tulis semua di dalam disertasi kami seperti program 30 doktor dan 50 master,” tandasnya.

Selain Octavian, hadir sebagai pembicara antara lain Guru Besar Unhan Laksamana TNI (Purn) Prof Dr Marsetio, Dirut PT BKI Rudiyanto, mantan Kabakamla Laksdya TNI (Purn) A. Taufiqoerrachman, Guru Besar FISIP UI Prof Dr Sudarsono Hardjosoekarto, Dekan FISIP UI Dr Arie Setiabudi Soesilo, Dosen Unhan Laksda TNI (Purn) Dr Sulistyanto, dan Dosen Pascasarjana FIA UI Dr Rachma Fitriati.

Bertindak sebagai moderator dalam acara tersebut ialah Kepala BKI Academy Arief Bijaksana Prawira Negara.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com