Published On: Wed, Nov 4th, 2020

Pakar Intelijen : Pemimpin Indonesia Wajib Bervisi Maritim

MN, Jakarta – Pakar intelijen dan militer Dr. Susaningtyas NH Kertopati menekankan pentingnya seorang pemimpin Indonesia memiliki visi kemaritiman agar bangsa ini mampu bersaing dengan bangsa lain di dunia ini.

Mengutip pernyataan Guru Besar Ilmu Pertahanan dari Universitas Pertahanan, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, dalam bukunya “Kepemimpinan Nusantara”, peraih gelar doktor dalam bidang komunikasi dari Unpad tersebut menjelaskan bahwa kepemimpinan bervisi maritim adalah suatu sistem, gaya dan sifat kepemimpinan yang lebih mengedepankan kemaritiman sebagai pola pikir dan pola tindak dalam menjalankan suatu pemerintahan dan menentukan arah kebijakannya.

“Inilah kunci keberhasilan dalam pembangunan nasional Indonesia sebagai negara kepulauan dengan segala potensi kemaritiman yang dimilikinya. Memiliki visi maritim adalah syarat mutlak bagi pemimpin agar Indonesia mampu bersaing sebagai bangsa yang besar di dunia,” jelasnya.

Oleh karena itu, peran TNI AL khususnya Seskoal, sangat besar dalam rangka membangkitkan semangat maritim yang mengarah kepada terciptanya kepemimpinan maritim di masa mendatang. Selain itu, TNI AL juga wajib mengembangkan kemampuan diplomasi maritim yang dibutuhkan untuk menjaga Indonesia agar tidak menjadi proxy dari pertarungan kekuatan besar di kawasan, yaitu AS dan China.

“TNI AL perlu terus membangun pemanfaatan Big Data and Artificial Intelligence dalam konteks menjaga stabilitas kemanan maritim Indonesia dan kawasan. Sebab informasi tentang kemanan maritim datang dari berbagai sumber sehingga butuh ruang dan kemampuan untuk mengolahnya untuk kemudian didistribusikan kepada semua pemangku kepentingan, baik pengguna jasa dan aparat penegak hukum,” tegas mantan anggota Komisi I DPR RI tersebut.

Seskoal yang memiliki moto Center Of Exellence On Naval And Maritime Science sudah tidak dipungkiri lagi memiliki peran besar dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Kotama TNI AL yang saat ini dinakhodai oleh Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto ini, terus mengembangkan kemampuan peserta didiknya yang notabene merupakan pemimpin masa depan TNI AL khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com