Published On: Tue, Jan 19th, 2021

Guna Putus Mata Rantai Covid-19, Seskoal Kembali Gelar Tes Swab Antigen

Tim kesehatan dari Satkes Seskoal saat melakukan tes swab antigen kepada Danseskoal.

Tim kesehatan dari Satkes Seskoal saat melakukan tes swab antigen kepada Danseskoal.

MN, Jakarta – Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) merupakan salah satu lembaga di lingkungan TNI AL yang rutin mengadakan pemeriksaan kesehatan terkait pandemi Covid-19. Seperti pada Senin (18/1) kemarin, Seskoal mengadakan tes swab antigen di Gedung Pendopo Komplek Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Tes swab antigen ini sendiri dihadiri langsung oleh Komandan Seskoal (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, SH., M.A.P, M.Tr (Han) yang turut diperiksa oleh Satuan Kesehatan (Satkes) Seskoal.

Kepala Satuan Kesehatan Seskoal Letkol Laut (K/W) dr. Agnes I., Sp.B., M.Kes., Sp.B(K)., Sp.KL. menjelaskan bahwa pelaksanaan tes ini dibagi dalam beberapa gelombang. Ini dilakukan untuk menghindari banyaknya personil yang berkumpul. Tes swab antigen hari ini difokuskan pada pejabat utama, perwira menengah (Pamen), serta PNS dan yang sederajat di lingkungan Seskoal.

Swab antigen adalah penerapan uji COVID-19 dengan pengambilan sampel di pangkal hidung dan tenggorokan. Sampel diambil dengan swab tes atau tes usap sehingga mirip dengan pelaksanaan tes PCR. Pengujian ini bertujuan mencari protein yang terdapat di permukaan virus. Cara kerja ini berbeda dengan tes PCR yang bertujuan mencari material genetik pada virus corona penyebab COVID-19. Mekanisme swab antigen dikatakan tidak terlalu berat dengan bahan kimia lebih sedikit dibandingkan test PCR.

Lebih lanjut, Danseskoal berharap tes swab antigen ini dapat terus menjaga lingkungan seskoal agar tetap terawasi dan dapat memutus mata Rantai Covid-19. Seperti yang kita ketahui, Covid-19 di Indonesia grafiknya semakin meningkat sehingga perlu dilaksanakan pengawasan ketat terhadap permasalahan ini.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com