Kemenkomarves Kunjungi KSOP Ambon, Bahas Sistem Logistik Nasional

Kapal Tol Laut pendukung sistem logistik nasional

Ambon (Maritimnews) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon menerima kunjungan dari Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi dalam rangka koordinasi untuk mendukung kesiapan sistem logistik nasional di Pelabuhan Ambon serta area provinsi Maluku.

Kunjungan dan koordinasi Tim Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi ke KSOP Ambon dipimpin oleh Koordinator Bidang Sistem Logistik Supardiono termasuk dari Keasdepan Infrastruktur Pengembangan Wilayah

Tim Kemenkomarves saat diterima di ruang kerja KSOP Kelas I Ambon

Dalam sambutannya Supardiono menyampaikan, bahwa kunjungan merupakan bentuk dari pengawasan dan koordinasi sistem logistik yang berjalan dibeberapa kawasan pada daerah 3TP, salah satunya adalah wilayah Maluku.

Tim Kemenkomarves tersebut diterima oleh Kepala Bidang Status Hukum Kapal dan Sertifkasi Kapal, Ferra J. Alfaris dan didampingi Kepala Seksi Sertifikasi Kapal, Willem Thobias Fofid di gedung KSOP Kelas I Ambon, pada hari Jumat (17/3).

Beberapa hal yang disampaikan pada saat diskusi bersama adalah hal-hal terkait pengembangan kawasan 3TP (terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan), keselamatan pelayaran dan layanan kapal Tol Laut atau Perintis di Provinsi Maluku.

Kunjungan Kemenkomarves di KSOP Ambon

Kabid SHSK Ferra J Alfaris menjelaskan, bahwa sistem logistik yang telah berjalan dan menjadi primadona saat ini adalah dengan penggunaan moda trasportasi laut. Layanan kapal-kapal Perintis dapat menjangkau daerah-daerah pesisir dan pulau-pulau yang memiliki karakteristik wilayah dan perairan berbeda dan unik.

“Hal ini tentu berawal dari awal sistem tata kelola di Pelabuhan Ambon sebagai Pelabuhan Hub di Provinsi Maluku, pengembangan Program Strategis Nasional Tol Laut dengan dukungan jaringan trayek sampai jenis tipe kapal perintis sangat membantu pendistribusian awal barang dan juga orang yang akan berangkat dari dan ke Ambon. Terlebih khusus kesiapan Pelabuhan Ambon dalam Angkutan Hari raya Idul Fitri 2023,” ungkap Ferra.

Pelabuhan Ambon

Sedangkan Kepala Seksi Sertifikasi Kapal, Willem Thobias Fofid menambahkan terkait peran pelabuhan Ambon sebagai Pelabuhan Hub di Maluku merupakan potensi yang sangat besar bagi daerah-daerah 3TP bahkan sampai di wilayah Papua dan Nusa Tenggara Timur.

“Salah satu potensinya adalah meningkatkan volume pelayaran, dan volume kapal yang bisa melalui daerah-daerah terluar, ditambah dengan memanfaatkan Program ToL Laut yakni kedepan membuka rute baru ke wilayah kawasan Pasifik Selatan,” pungkasnya.

(Bayu Jagadsea/MN)

maritimnew

Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Share
Published by
maritimnew

Recent Posts

Lebaran 2024, Arus Penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok Diprediksi Naik 25%

Jakarta (Maritimnews) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Priok memprediksi arus penumpang…

1 day ago

KSOP Gresik Gelar Apel Siaga Posko Angleb “Mudik Ceria Penuh Makna” 2024

Gresik (Maritimnews) - Sebagai bentuk dukungan bagi penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran (Angleb) 1445 H/2024 M,…

3 days ago

Pegiat, Praktisi, dan Akademi Maritim Yakin Sektor Maritim Berpotensi Jadi Poros Alur Perdagangan

 Pegiat Maritim Jefri San meyakini di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran, sektor kemaritiman negeri ini bisa menjadi…

5 days ago

Fanta Maritim Berharap Anak Muda Terus Dorong Kebijakan Maritim

Koordinator Fanta Maritim, Makbul Ramadhani mengungkapkan bahwa program tol laut yang mulai diusung Presiden Joko…

5 days ago

Gelar Sarasehan dan FGD Maritim, TKN Fanta Dorong Anak Muda Pimpin Sektor Maritim

Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran menggelar Sarasehan dan Forum Group Discussion (FGD) Maritim bertajuk…

6 days ago

Kopkar TPK Koja Gelar RAT 2024 Menuju Profesionalisme, Berintegritas dan Amanah

Jakarta(Maritimnews) - Dalam rangka percepatan upaya meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh anggota Koperasi, pihak Kopkar TPK…

1 week ago