Published On: Mon, Mar 15th, 2021

Kunjungi Pelabuhan Karangsong, Menteri Sakti Beri Terobosan

Mneteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Mneteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

MN, Indramayu – Menteri Kelautan dan Perikanan (MenKP) Sakti Wahyu Trenggono mengunjungi Pelabuhan Perikanan Karangsong, Minggu (14/3).

Dalam kunjungan tersebut, ia menyampaikan beberapa program terobosan Peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kepada Bupati Indramayu Nina Agustina.

Mantan Wakil Menteri Pertahanan ini mengungkapkan bahwa pelabuhan perikanan harus memiliki standar infrastruktur yang memadai supaya kualitas produksi perikanan ikut terjamin.

Peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari subsektor perikanan tangkap yang menuju Rp. 12 triliun ini, merupakan salah satu program terobosan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di bawah kepemimpinan Menteri Sakti.

Salah satu tujuan dari program ini sendiri adalah untuk mendorong perbaikan kualitas infrastruktur pelabuhan perikanan di Indonesia.

“Untuk teknisnya ada di (Ditjen) Perikanan Tangkap. Dan kita harus rutin koordinasi supaya program bisa segera diimplementasikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sakti berpendapat bila pendapatan negara dari subsektor perikanan tangkap bertambah, perbaikan infrastruktur pelabuhan bisa lebih mudah dilakukan. 

Di samping itu, bantuan sosial untuk nelayan seperti bantuan kapal, asuransi, juga bisa lebih ditingkatkan volume dan nilainya.

Dalam kunjungan ini, Sakti turut melihat langsung kondisi kolam pelabuhan yang mengalami sedimentasi. Air laut yang keruh dan adanya sampah juga menjadi perhatiannya saat meninjau pelabuhan yang dikelola oleh pemerintah daerah tersebut.

Padahal ikan yang mendarat di Pelabuhan Karangsong cukup banyak lebih dari 18.445 ton per tahun 2020 atau senilai Rp. 365 miliar dengan jumlah armada kapal yang beroperasi mencapai 1.322 unit. Ikan-ikan yang didaratkan di pelabuhan ini juga diminati pasar, salah satunya ikan manyung

“Dengan demikian, perbaikan infrastruktur dari penambahan perolehan PNBP nantinya juga dapat meningkatkan perputaran ekonomi yang dihasilkan oleh operasional pelabuhan. Ini harus terbangun,” tambah Sakti.

Selama berada di Pelabuhan Karangsong, Sakti juga berdialog dengan nelayan serta anak buah kapal yang sehari-hari bekerja. Dia meminta mereka untuk tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan saat bekerja.

“Tetap sehat ya bapak-bapak,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Indramayu Nina Agustina menyambut baik program terobosan yang disampaikan oleh MenKP.

“Alhamdulillah semoga semuanya bisa segera berjalan, karena ini untuk kemajuan Indramayu,” ungkapnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com