Published On: Wed, Mar 17th, 2021

Seskoal Gelar DAK Tentang PAKL

DAK Pasis Seskoal.

DAK Pasis Seskoal.

MN, Jakarta – Sebanyak 175 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 TA 2021 melaksanakan Diskusi Antar Kelompok (DAK) dengan topik Penghancuran Kekuatan Armada Lawan (PKAL) di Kelas A, B, dan C Gedung R.E Martadinata, Amphiteater dan JOPR Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (15/3).

Maksud dari penugasan ini ialah untuk memberikan latihan kepada para Pasis agar mampu menerapkan teori-teori yang mereka terima selama mengikuti mata kuliah Operasi Militer untuk Perang. Tujuan dari penugasan ini adalah agar Pasis mampu memahami penggunaan kekuatan dan pola pelaksanaan operasi laut untuk Penghancuran Kekuatan Armada Lawan (PKAL) berdasarkan teori yang terkait.

“Pasis terbagi dalam lima belas kelompok di mana setiap Pasis membuat Kertas Karya Acuan (KKA) Studi Kasus menganalisis tentang PKAL berdasarkan teori Operasi Laut sehingga dapat diketahui hal-hal positif dan negatif serta manfaatnya bagi TNI AL,” ungkap Kepala Departemen Operasi (Kadepops) Seskoal Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra yang ditunjuk sebagai penanggungjawab DAK ini.

Kelompok-kelompok Pasis tersebut membahas tiga topik, yaitu Kelompok I,IV,VII,X, dan XIII membahas topik mengenai pertempuran di Laut Jawa antara Angkatan Laut Jepang dengan Angkatan Laut Sekutu tahun 1942 ditinjau dari aspek PKAL pihak Jepang. 

Lalu, Kelompok II,V,VIII,XI, dan XIV mengambil topik pembahasan mengenai pertempuran Laut Jutland antara kekuatan Angkatan Laut Inggris dengan kekuatan Angkatan Laut Jerman yang terjadi pada tanggal 31 Mei s.d 1 Juni 1916, ditinjau dari aspek PKAL pihak Jerman. 

Dan untuk Kelompok III,VI, IX, XII, dan XV mengambil topik pertempuran laut di Pearl Harbor antara Angkatan Laut Amerika dengan Angkatan Laut Jepang tahun 1941 ditinjau dari aspek PKAL pihak Jepang.

Dalam diskusi ini, masing-masing kelompok memaparkan naskah yang mereka susun selama 20 menit di hadapan para Patun, dosen penilai, dan juga rekan sesama Pasis. 

Setelah salah satu kelompok melakukan pemaparan, kelompok lainnya akan memberikan tanggapannya. Selanjutnya, para Perwira Pembimbing (Pabing) pada tiap-tiap kelompok diskusi tersebut memberikan koreksi, masukan, dan tanggapan mengenai naskah yang telah dipaparkan kelompok Pasis tersebut.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com