Published On: Sun, Mar 7th, 2021

Visi Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Dirjianbangdik Sosialisasikan dan Latih Para Pasis Aplikasi EDOPS

Sosialisasi dan Pelatihan aplikasi EDOPS Seskoal.

Sosialisasi dan Pelatihan aplikasi EDOPS Seskoal.

MN, Jakarta – Direktur Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (Dirjianbangdik) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E.,M.Tr.Opsla,. memberikan Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Evaluasi Dosen Oleh Perwira Siswa (EDOPS) kepada para Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-59 TA.2021, via video conference (vicon) di Ruang Tunggu Dosen Gedung R.E.Martadinata Seskoal, Sabtu (6/3).

Kinerja dosen sendiri merupakan hal penting bagi lembaga pendidikan dalam upaya mencapai tujuanya. Dalam dunia yang kompetitif, setiap perguruan tinggi sudah tentu memerlukan kinerja yang baik dari para dosennya. Di  sisi lain, dosen sebagai garda terdepan kemajuan suatu perguruan tinggi memerlukan umpan balik dari lembaga pendidikan atas capaian hasil kerja mereka sebagai panduan bagi perilaku mereka di masa yang akan datang. Umpan balik terhadap kinerja dosen di Seskoal dapat dilakukan melalui Aplikasi EDOPS yang penilaiannya diberikan oleh para Pasis.

EDOPS sendiri merupakan aplikasi untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran terhadap Pasis di Seskoal. Aplikasi ini dirancang pertama kali di Seskoal pada tahun 2018 dan mulai dipergunakan pada tahun 2019, bersamaan dengan Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA 2019.

Keunggulan aplikasi ini ialah mampu memberikan detail keunggulan dan kelemahan individual dalam menilai kinerja dosen. Aplikasi ini sangat membantu karena bisa memberikan waktu yang efisien bagi badan penjamin mutu internal dan tidak memerlukan banyak tenaga dalam melakukan rekap data kuesioner dari 175 Pasis, di mana masing-masing Pasis diberikan 20 pertanyaan detail tentang kinerja dosen dalam mengajar.

Kelebihan lain dari EDOPS ialah data hasil penilaian dosen tidak lagi disimpan dalam bentuk lembaran kertas kuesioner yang diberikan kepada Pasis, melainkan disimpan dalam sebuah database untuk menghindari hilang atau rusaknya data tersebut, yang tentunya akan menghemat pengeluaran lembaga.

Dalam kesempatan ini, Dirjianbangdik Seskoal Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E., M.Tr. Opsla., mengatakan bahwa sosialisasi dan pelatihan ini merupakan salah satu metode penilaian kinerja dosen Seskoal dalam melaksanakan tugas pokoknya, yaitu pendidikan dan pengajaran, serta sebagai bagian dari umpan balik bagi dosen pada Program Studi (Prodi) Magister Terapan Operasi Laut.

Dengan mengisi EDOPS ini, Pasis Dikreg Seskoal telah berpartisipasi aktif dalam membantu meningkatkan mutu pembelajaran di Seskoal sendiri, di mana EDOPS ini bermanfaat bagi dosen Seskoal untuk memperbaiki diri bila memang masih terdapat kekurangan serta mengembangkan potensi dan kelebihan yang dimilikinya.

Bagi Seskoal yang memiliki Program Studi (Prodi) Magister Terapan Operasi Laut, hasil EDOPS sangat penting untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan Akreditasi “A” dari BAN PT. Selain itu, hasil EDOPS ini juga dapat dijadikan sebagai acuan dalam menyusun Program Peningkatan Mutu (P2M) proses pembelajaran dan kinerja dosen, dan yang terpenting bagi Pasis Dikreg Seskoal dapat merasakan peningkatan mutu proses pembelajaran yang terus menerus.

Turut serta dalam kegiatan tersebut Wadan Korsis Seskoal Letkol Laut (P) M.B.Pandjaitan, S.E.,M.Tr. Opsla  dan Kasubdit Evabangdik/Kasubdit Penjaminan Mutu Ditjianbangdik Seskoal Pembina IV/a Drs. Susmono.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com