Published On: Sun, Mar 7th, 2021

Pemerintah Berhasil Gagalkan Penyelundupan HP Ilegal

Proses pemeriksaan para penyelundup smartphone ilegal.

Proses pemeriksaan para penyelundup smartphone ilegal.

MN, Jakarta – Pemerintah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan smarthphone ilegal senilai miliaran rupiah dari Batam yang akan diselundupkan ke Jawa Timur.

Melalui Satgaspam Bandara Juanda yang terdiri Tim SFQR Koarmada II, Bea Cukai, dan juga KKP, pemerintah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan tersebut pada Sabtu (27/2).

Penggrebekan ini merupakan tindak lanjut dari informasi tentang adanya rencana pengiriman barang elektronik ilegal dari Batam ke Surabaya melalui Bandara Internasional Juanda dengan menggunakan jasa penerbangan pesawat. 

Setelah menerima informasi tersebut, Satgaspam pun melakukan observasi yang dilanjutkan dengan upaya penggagalan tindakan penyelundupan itu.

Berdasarkan keterangan Satgaspam, sasaran termonitor oleh tim gabungan sesuai dengan ciri-ciri yang dari informasi diterima, namun tersangka tidak datang sendiri melainkan bersama dua orang rekan lainnya. Selanjutnya, para tersangka diamankan menuju Pos Keamanan Pintu Kedatangan 1B untuk dilakukan pemeriksaan menggunakan X-Ray.

Lebih lanjut, pihak Satgaspam juga menjelaskan bahwa dari hasil pemeriksaan kepada ketiga pelaku didapati barang bukti berupa smartphone merk Iphone sekitar 268 unit yang dikemas tanpa dus di dalam plastik serta 20 unit lengkap dengan dus yang dibawa oleh para pelaku dengan nilai mencapai miliaran rupiah. Barang tersebut dimasukkan ke dalam tas koper milik pelaku dari Batam menuju Surabaya dengan menggunakan pesawat udara.

Saat ini ketiga tersangka beserta barang bukti telah diserahkan oleh Satgaspam Bandara Internasional Juanda kepada pihak Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Bandara Juanda untuk dilaksanakan penyidikan lebih lanjut.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com