Published On: Wed, Dec 8th, 2021

Pelabuhan Tanjung Uban Mulai Terapkan InaPortnet

Iwan Sumantri

MN, Jakarta – Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kapal di pelabuhan Tanjung Uban, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas I Tanjung Uban mulai melaksanakan pelayanan kapal dengan sistem InaPortnet secara penuh (full online), pada hari Rabu, tanggal 8 Desember 2021.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Tanjung Uban, Iwan Sumantri menjelaskan, bahwa dengan diberlakukannya sistem online melalui InaPortnet untuk pelayanan kapal akan dapat memangkas jarak dan waktu yang pada akhirnya juga mengurangi biaya.

“Pengguna jasa cukup menyampaikan permohonan dari kantor masing-masing sehingga lebih efisien dan efektif,” kata Iwan Sumantri kepada Maritimnews di Jakarta usai acara GoLive InaPortnet di Jakarta, Rabu (8/12).

Sebelumnya, terang Iwan, pelayanan InaPornet telah dilakukan sosialisasi pada tanggal 8-9 september 2021 di Tanjung Pinang dan dilanjutkan dengan tahap uji coba selama 2 bulan. Sejauh ini para pengguna jasa telah siap untuk melaksanakan sistem online.

Seperti diketahui, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub menyelenggarakan launching secara serentak untuk 23 pelabuhan salah satunya adalah pelabuhan Tanjung Uban. Sebelumnya system InaPortnet sudah dilaksanakan di 54 pelabuhan, sehingga total sebanyak 77 pelabuhan yang menerapkan pelayanan kapal dengan system online.

Selain UPP Kelas I Tanjung Uban, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Lhokseumawe dan Kuala Enok; KSOP Kelas IV Kuala Cenaku, Tembilahan, Tanjung Balai Asahan, Selat Panjang, Malahayati, Pangkalan Susu, Muara Sabak, Meulaboh, Sibolga, Bakauheni, Anggrek, Muntok, Gunung Sitoli, Probolinggo, Kuala Tungkal, Kuala Langsa, Bengkalis, Sabang; Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Sangatta; Kantor Distrik Navigasi Kelas I Belawan, Dumai, Palembang, Samarinda, Bitung, Tanjung Pinang; Kantor Distrik Navigasi Kelas II Sabang; Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com