Published On: Mon, Dec 5th, 2016

Upacara Hari Armada di Pangkalan Angkatan Laut Yogyakarta

Foto bersama Lanal Yogyakarta setelah Upacara Hari Armada RI.

Foto bersama Lanal Yogyakarta setelah Upacara Hari Armada RI.

MNOL-Yogyakarta, Prajurit, Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan anggota Jalasenastri Cabang 8 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT), Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta memperingati puncak acara Hari Armada RI Tahun 2016 dengan melaksanakan upacara yang diselenggarakan di Aula Mako Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta, Jl. Melati Wetan Yogyakarta, dilanjutkan dengan Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Jl. Kusumanegara Yogyakarta, senin (05/12).

Upacara yang digelar dalam suasana hujan tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (S) Kartoli, S.E dan Komandan Upacara (Danup) Kapten Laut (E) Totok Musyanto. Ikut hadir Ketua Jalasenastri Cabang 8 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT) Ny. Kartoli.

Pada kesempatan tersebut Kol. Laut (E) Kartoli, S.E., membacakan amanat Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M. AP. menyampaiakan bahwa peringatan ini merupakan momen untuk mengingatkan kita tentang sejarah berdirinya Armada RI dan pengabdian yang telah ditunaiakannya, karena sampai saat ini Armada RI tetap menjadi Sarana Utama Pencapaian Tugas dan Peran Universal TNI Angkatan Laut.

Pemahaman tentang Armada RI dalam Konteks Operasional, sejatinya Armada RI adalah Integrasi Empat Elemen Utama yakni Kapal Perang, Pesawat Udara, Marinir dan Pangkalan, sehingga komposisi satuannya harus mencerminkan keempat elemen tersebut. Melihat konstelasi geografis Indonesia, TNI Angkatan Laut (TNI AL) menetapkan 2 (dua) Komando Utama Operasi. Selaku Kotama Ops, Komando Armada RI bertugas menyelenggarakan Operasi Maritim dan Operasi Laut, dan melaksanakan Pembinaan Kemampuan dan Kekuatan Sistem Senjata Armada RI Terpadu (SSAT), Kemampuan Peperangan Laut, Kesiapan Operasional dan Pembinaan Potensi Maritim menjadi kekutan pertahanan. Selesai upacara dilanjutkan dengan tasyakuran pemotongan tumpeng dan foto bersama.

Dalam rangkaian peringatan Hari Armada RI tahun ini, sebelumnya telah digelar Bhakti Sosial Kesehatan yang terselenggara bekerjasama dengan Yayasan Bangun Sehat Indonesia dan Djarum Foundation di Huntap Karang Kendal, Desa Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>