Published On: Mon, Jul 2nd, 2018

54 Tahun BKI, Usia Matang Menuju Badan Klasifikasi Kelas Dunia

Logo BKI.

Logo BKI.

MN, Jakarta – Indonesia patut berbangga karena 54 tahun yang lalu, bangsa ini telah memiliki sebuah badan klasifikasi yang mengakomodir pembangunan dan pemeliharaan kapal-kapal milik kita. Melalui PP no. 28 tahun 1964 tentang Pendirian Perusahaan Negara Biro Klasifikasi Indonesia, PT.Biro Klasifikasi Indonesia resmi berdiri pada 1 Juli 1964.

Dasar pertimbangan pendirian BKI pada saat itu adalah :

  1. bahwa hingga saat ini di bidang pembangunan dan pemeliharaan kapal-kapal, Pemerintah masih menggunakan jasa-jasa dari biro klasifikasi asing;
  2. bahwa dilihat dari segi teknis-konstruksi kapal-kapal yang dibangun untuk pelayaran dalam negeri, syarat-syarat yang ditetapkan oleh biro klasifikasi asing adakalanya tidak sesuai, hal mana sesungguhnya tak perlu terjadi bilamana kapal-kapal tersebut diklasifikasikan oleh biro klasifikasi nasional yang lebih menguasai keadaan pelayaran di Indonesia;
  3. bahwa di samping dilihat dari sudut kebanggaan nasional, dengan adanya biro klasifikasi nasional, maka dapat diharapkan penghematan sejumlah devisen yang setiap tahunnya seyogyanya ditransfer oleh biro klasifikasi asing keluar negeri dan disamping itu terbukalah kesempatan bagi para ahli teknik perkapalan bangsa Indonesia sendiri untuk memupuk dan memperluas pengalaman serta keahliannya di bidang pembangunan, pemeliharaan dan perbaikan kapal-kapal;
  4. bahwa berhubung dengan itu perlu dibentuk Perusahaan Negara Biro Klasifikasi Indonesia berdasarkan Undang-undang No. 19 Prp tahun 1960.

Dalam sejarahnya, BKI merupakan badan klasifikasi ke empat yang berdiri di Asia, setelah Jepang, China, dan Korea Selatan, yang berarti BKI merupakan badan klasifikasi tertua di Asia Tenggara.

Di usia yang menginjak 54 tahun ini, BKI menjadi semakin dewasa, berbagai tahap perkembangan telah dilewati oleh perusahaan yang merupakan badan klasifikasi satu-satunya milik bangsa ini. Saat ini BKI sedang dalam tahap untuk menjadi anggota IACS. Dengan diberikannya pendelegasian survey statutoria dari Kementerian Perhubungan, harapan untuk mencapai keberhasilan menjadi anggota IACS semakin terbuka.

Keberhasilan BKI menjadi anggota IACS juga akan berdampak besar bagi sitem pelayaran nasional kita. Apabila BKI berhasil dalam proses ini, maka kapal-kapal berbendera merah putih tak perlu lagi mencari badan klasifikasi luar agar kapalnya bisa melabuh di luar negeri.

Selain itu, sisi nasionalisme yang diemban oleh BKI dalam misi menjadi badan klasifikasi kelas dunia ini juga sangatlah besar. Sudah selayaknya kapal-kapal berbendera merah putih yang berlayar keluar negeri, menggunakan badan klasifikasi yang juga berbedera merah putih. Hal ini sediri merupakan alasan pokok didirikannya BKI oleh Bung Karno pada masa lalu.

Dalam konteks bisnis, BKI merupakan representasi program BUMN Untuk Negeri yang secara langsung menjadikan BKI dituntut untuk memberikan yang terbaik pada negeri ini. Dalam hal ini BKI sudah selayaknya mengemban tanggungjawab terhadap pengembangan dan peningkatan mutu dunia pelayaran di tanah air.

Dalam segi yang lebih mendalam, BKI memiliki peran sebagai sebuah entitas bisnis yang diharapkan akan menghasilkan pendapatan bagi negera dan juga memiliki peran sebagai representasi kehadiran negara dalam melayani rakyatnya.

Di usia yang cukup matang ini, konsep operasional bisnis yang dijalankan oleh BKI pun juga mengalami perkembangan yang cukup bervariasi. Saat ini, selain bisnis klasifikasi kapal, BKI melalui divisi koemersilnya juga menangani bisnis audit SMK3 Nasional di mana BKI merupakan salah satu penerima penghargaan perusahaan auditor SMK3 Nasional terbaik di bawah Succofindo. Selain itu, saat ini BKI juga memperoleh kepercayaan sebagai konsultan pengawas dalam mekanisme kabel bawah laut.

Dengan semakin berkembangnya BKI saat ini, tentu akan berdampak pada semakin besar pula tantangan yang akan dihadapi oleh BKI ke depannya. Terlebih dengan digulirkannya wacana menjadikan BKI bersama Succofindo dan Surveyor Indonesia di bawah satu naungan dalam satu holding.

Selamat ulang tahun yang ke 54 BKI, semoga sukses menjadi badan klasifikasi dunia dan menjadi kebanggaan negeri.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com