Published On: Thu, Jan 17th, 2019

Mitigasi Kebencanaan Selayaknya Libatkan Generasi Milenial

Milenial dan bencana alam.

Mitigasi, Jakarta – Perkembangan penggunaan internet yang sangat pesat di negeri ini dalam beberapa waktu terakhir, merupakan fakta positif yang seharusnya bisa mengakomodir berbagai macam permasalahan terjadi, termasuk masalah edukasi terkait bencana alam yang kerap kali melanda negeri ini.

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 yang lalu mencapai 143,26 uta jiwa, yang berarti lebih kurang sekitar 54,68% dari total penduduk Indoensia yang pada saat itu sudah mencapai angka 262 juta jiwa.

Dari 143,26 juta jiwa tersebut, sebesar 16,68% atau sekitar 23,9 juta jiwa merupakan pengguna internet dengan rentang usia 13-18 tahun, yang bisa dikategorikan sebagai generasi milenial. Seperti yang dimuat oleh beberapa sumber, generasi yang rata-rata kelahirannya dimulai saat pergantian milenium ini, cenderung dekat dengan teknologi dan sangat menggemari kehidupan bermedia sosial.

Dengan kecenderungan aktifitas seperti ini serta jumlah yang cukup besar, sudah selayaknya kita mulai melirik generasi yang terkesan menyukai hal yang serba instan ini, untuk turut dilibatkan dalam berbagai aktifitas sosial kemasyarakatan kita, tidak terkecuali dalam penanganan bencana alam.

Dalam hal ini, kita bisa memanfaatkan potensi besar yang dimiliki oleh generasi milenial ini untuk mendukung program edukasi ataupun mitigasi bencana yang memang sudah ditakdirkan dekat dengan kita.

Kecenderungan generasi ini yang dekat dengan teknologi, tingkat keaktifan di dunia maya dan bermedia sosial yang tinggi, hingga tanggap dan kritis terhadap informasi yang diperolehnya, merupakan sedikit dari nilai positif generasi ini yang bila dikelola dengan baik bisa menjadi solusi membentuk masyarakat sadar bencana yang selama ini sulit dilakukan.

Dalam rentetan bencana besar yang melanda kita di akhir tahun 2018 yang lalu, terlihat bahwa sebagai bangsa yang ditakdirkan bergandengan tangan degan bencana sepanjang hidupnya, kesiapsiagaan dan kesadaran akan potensi bencana yang mengitari kita sedari dulu sangatlah kurang.

Dengan menggandeng generasi ini, seluruh elemen bangsa bisa bersinergi dalam melakukan edukasi terkait hal-hal ini. Bisa dengan memberikan sosialisasi ringan tentang kondisi geografis kita hingga edukasi bagaimana bersikap ketika melihat potensi bencana yang telah ada di depan mata.

Bila dikelola dengan baik, potensi keberhasilan yang dicapai bisa jauh lebih cepat. Karena seperti disesbutkan sebelumnya, generasi ini memiliki kelebihan dalma penggunaan teknologi serta berbagai media informasi yang kecepatan menyalurkan informasinya sangat jauh dibandingkan cara-cara konvensional yang selama ini sering dilakukan oleh lembaga-lembaga terkait kebencanaan.

Lebih dari itu, dalam beberapa waktu ke depan, tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini pun mau tidak mau akan beralih ke tangan mereka, sehingga sudah selayaknya kita mulai memberikan peran lebih kepada generasi ini, yang memang memilki kelebihan dalam hal penyampaian informasi kepada publik.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com