Kuatkan Pendidikan Maritim Generai Penerus, Dinas Perikanan Pasbar Lepas 2.000 Benih Ikan Nila

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Barat, Arial Efendi, bersama para siswa dan guru saat melepas 2.000 ekor benih ikan nila di MTS Muhammdiyah Silaping, Rabu (6/1). (dok. Pikiran Rakyat)

MN, Padang, Demi menunjang kebutuhan pendidikan perikanan kepada generasi penerus, Dinas Perikanan Kabupaten Pasamanan Barat (Pasbar) memberikan bantuan benih ikan nila sebanyak dua ribu ekor kepada MTs. Muhammadiyah Silaping pada Rabu (6/1).

“Bantuan ikan tersebut di serahkan langsung kesekolah, bantun benih ikan nila tersebut diharapkan dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan pendidikan sekolah tersebut,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Barat Arial Efendi saat bersama-sama guru dan siswa menaburkan benih-benih tersebut.

Selain untuk menunjang kebutuhan pendidikan, pemberian bantuan benih ikan nila ini juga diharapkan bisa menjadi pendapatan masyarakat salah satu daerah di Ranah Minang ini, di mana pada saat ini Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Barat telah memiliki satu unit balai benih, sebagai tempat pemeliharaan ikan yang nantinya juga diharapkan dapat menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bantuan benih ikan nila yang diberikan kepada MTs. Muhammadiyah sejatinya merupakan hasil kerja sama antara legislatif dan eksekutif, di mana realisasi program ini adalah tindak lanjut dari hasil reses yang dilakukan oleh anggota DPRD beberapa waktu yang lalu.

“Bantuan benih ikan tersebut sangat dibutuhkan MTS Muhammadiah Silaping guna untuk adanya pemasukan tambahan untuk sekolah,” terang Muhammad Guntara, anggota DPRD termuda Kabupaten Pasaman Barat yang juga turut hadir pada saat itu.

Kepala MTs. Muhammadiyah Silaping, Subuh Hadi, mengatakan, Pihaknya sangat bersyukur  dengan adanya bantuan benih ikan tersebut, karna pihaknya sudah lama mengimpikan bagaimana cara agar sekolah tersebut mempunyai pemasukan lain melalui kolam ikan.

A.P Sulistiawan

Redaktur

Share
Published by
A.P Sulistiawan

Recent Posts

Bencana Alam di Agam, TJSL Pelindo Bayur Hadir

Padang (Maritimnews) - Bencana alam banjir bandang dan tanah longsor datang membawa lumpur, gelondongan batang…

1 day ago

Operasional di Common Gate NPCT 1 Beranjak Normal

Jakarta (Maritimnews) - Pasca kebakaran petikemas di lapangan New Priok Container Terminal One (NPCT 1)…

3 days ago

Gde Sumarjaya: Relokasi Kapal Non-tuna di Pelabuhan Benoa

Bali (Maritimnews) - Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih mendukung upaya PT Pelabuhan…

2 weeks ago

Kemenhub Terbitkan PM 7/2024 Tentang Harmonisasi Sistem Pemeriksaan dan Sertifikasi pada Kapal Berbendera Indonesia

Jakarta (Maritimnews) - Kementerian Perhubungan menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 7 Tahun…

2 weeks ago

Pelabuhan Sehat Petrokimia Disahkan KSOP Gresik

Gresik (Maritimnews) - Pelabuhan Petrokimia Gresik sah berpredikat sebagai pelabuhan Sehat sesuai dengan Peraturan Menteri…

3 weeks ago

Kemenhub Resmi Tutup Posko Angkutan Laut Lebaran 2024

Jakarta (Maritimnews) - Kementerian Perhubungan resmi resmi menutup Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024, Jumat…

3 weeks ago