Published On: Thu, Mar 18th, 2021

Sambut Era Milenium Paradigma Baru TNI, Seskoal Gelar Seminar Forum Strategi

Suasana Forum Strategi I Seskoal.

Suasana Forum Strategi I Seskoal.

MN, Jakarta – Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Wadan Seskoal) Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla., membuka secara resmi Seminar Forum Strategi Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021, di Kelas A dan B Gedung R.E.Martadinata Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (17/3).

Pembukaan seminar ini, ditandai secara simbolis dengan penyerahan secara palu sidang dari Wadan Seskoal kepada Ketua Seminar Mayor Laut (P) Wijoyo Danuasmoro.

“Rangkaian seminar forum strategi yang dilaksanakan oleh Pasis pada hakikatnya adalah suatu kegiatan yang menggambarkan proses perencanaan pembangunan dan penggunaan kekuatan pertahanan negara di laut dalam jangka waktu tertentu, di mana proses ini dibagi dalam empat tahap seminar, yang disusun secara berurutan dan berkesinambungan serta mempunyai keterkaitan erat mulai dari forum strategi I sampai dengan IV,” ungkap Wadan Seskoal Membacakan amanat Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han).

Lebih lanjut, guna menghadapi era millennium paradigma baru TNI sekarang ini dan jati diri TNI dituntut untuk dapat bertindak secara professional maka dengan forum strategi ini dapat dimanfaatkan oleh para Pasis sebagai media berolah pikir dalam mengaktualisasikan kemampuan akademik melalui teori yang telah dipelajari tanpa harus terikat oleh kebijakan pemerintah yang saat ini sedang berjalan, karena forum strategi ini merupakan wahana dalam proses pembelajaran terhadap calon pimpinan TNI di masa mendatang.

Oleh karena itu, melalui seminar ini Pasis diharapkan dapat menerapkan bekal pengalaman dan pengetahuan yang telah diterima untuk memecahkan permasalahan yang kompleks melalui analisis dan edukatif.

“Kepada para Pasis saya akan memberikan penekanan dalam mengikuti seminar forum strategi ini, gunakan teori studi wilayah, analisis lingkungan strategi, analisis ancaman, dan teori-teori strategi terkait. Laksanakan koordinasi secara kondusif dalam mengakomodasikan berbagai kemungkinan perbedaan yang akan timbul diantara sesama pasis dalam mengajukan pendapat. Lahirkan ide-ide baru, pemikiran dan gagasan yang segar dan cemerlang,” ujar Wadan Seskoal Laksma TNI Imam Musani, menutup amanat Danseskoal yang dibacakannya.

Kepala Departemen Strategi (Kadepstra) Seskoal Kolonel Laut (P) Rully Riono, M.Tr. Opsla selaku penanggungjawab kegiatan ini menjelaskan materi bahasan pada forum strategi pertama ini ialah untuk merumuskan strategi pertahanan negara di laut guna menghadapi ancaman potensial dalam kurun waktu lima tahun ke depan berdasarkan perkembangan lingkungan strategis (Banglingstra) global, regional, dan nasional.

Hal ini tentunya selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul, professional, serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Turut hadir pada pembukaan seminar forum strategi tersebut antara lain Kepala Koordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP., Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Si., CHRMP., CFrA., para direktur, para Kadep, para Dosen, dan Patun Seskoal.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com