Published On: Thu, Jan 11th, 2024

Tingkatkan Pengawasan, KSOP Gresik Check On The Spot Fasilitas Pelabuhan

Pengawasan KSOP Gresik di TUKS

Gresik (Maritimnews) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik terus berupaya mendorong peningkatan pelayanan publik agar kegiatan kepelabuhanan berjalan dengan baik, aman, tertib dan lancar. Untuk itu dibutuhkan pengawasan yang optimal melalui peningkatan pengawasan dengan patroli di pelabuhan Gresik, termasuk Check On The Spot area Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS).

Kepala KSOP Kelas II Gresik, Hotman Siagian menjelaskan, bahwa salah satu tujuan kegiatan pengawasan adalah dalam rangka peningkatan pelayanan, menjamin keamanan dan keselamatan pelayaran serta dapat mendorong peningkatan PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak).

“Semua wajib mentaati peraturan perundang-undangan dan ketentuan dibidang kepelabuhanan, lalu lintas angkutan di perairan, keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim, guna mewujudkan keamanan dan keselamatan pelayaran,” tutur Hotman Siagian kepada Maritimnews usai melaksanakan giat Patroli menggunakan KNP 365 di wilker KSOP Gresik, Kamis (11/01).

Check on the spot fasilitas kepelabuhanan

Selain itu pihak KSOP Gresik mengimbau pemilik BUP (Badan Usaha Pelabuhan) dan TUKS agar memelihara Sarana Bantu Navigasi Pelayaran, alur pelayaran, kolam pelabuhan dan fasilitas yang diperlukan untuk menjamin keselamatan pelayaran serta kelancaran arus lalu lintas kapal dan barang sesuai dengan izin yang diberikan.

Dalam menjalankan tupoksinya sebagai Regulator, Hotman Siagian didampingi Capt Firmawan, S.E, M.Si, M.Mar (Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Patroli dan Penjagaan), Agus Nasrullah, S.H, M.M.Tr (Kepala Subbagian Tata Usaha) dan Devry Andre, S.SiT (Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan) beserta tim melaksanakan pengawasan di wilayah kerja KSOP Gresik, antara lain di BUP PT Siam Maspion Terminal, TUKS PT Karya Indah Alam Sejahtera, dan TUKS PT Petrokimia Gresik.

“Kami melaksanakan pengawasan dengan Check On The Spot guna melihat secara langsung aktivitas dan kegiatan operasional perusahaan, sekaligus memastikan bahwa kegiatan sesuai dengan izin yang dimiliki di wilayah kerja KSOP Gresik,” pungkasnya.

(Bayu Jagadsea/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com