Published On: Sat, Mar 23rd, 2024

Gelar Sarasehan dan FGD Maritim, TKN Fanta Dorong Anak Muda Pimpin Sektor Maritim

Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran Muhammad Arief Rosyid Hasan saat berbicara dalam Sarasehan dan FGD Maritim.

Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran Muhammad Arief Rosyid Hasan saat berbicara dalam Sarasehan dan FGD Maritim.

MN, Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran menggelar Sarasehan dan Forum Group Discussion (FGD) Maritim bertajuk “Maritim Menuju Indonesia Maju” di Fanta HQ pada Jumat (22/3).

Kegiatan yang dihadiri oleh Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran Muhammad Arief Rosyid Hasan dan Koordinator Fanta Maritim Makbul Ramadhani ini, menghadirkan narasumber Pegiat Maritim Jefri San dan Bayu Putro, Praktisi Maritim Fajar, serta Akademisi Muhammad Syaiful yang moderatori oleh Sadam Elake.

Di sela acara yang juga menjadi ajang perkenalan Fanta Maritim sebagai klaster Fanta yang ke 28, Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran kembali menekankan bahwa Indonesia merupakan negara maritim. Untuk itulah ia menyinggung potensi maritim Indonesia yang mencapai 27 Miliar USD.

“Pak Presiden Jokowi pada saat 2014 dan 2019 itu selalu bicara kita negara maritim tidak boleh memunggungi lautan gitu. Kita tidak boleh memunggungi laut, sungai, dan potensi-potensi yang ada airnya,” ujar Arief.

Kendati demikian, menurut Arief gagasan utama Jokowi tersebut belum tersampaikan dengan baik oleh struktur birokrasi. “Sehingga, ke depannya perlu ada terobosan di dunia maritim,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia meminta Fanta Maritim yang di bawah koordinasi Makbul Ramadhani untuk fokus menyusun dan melaksanakan agenda-agenda yang berkaitan dengan kelautan. Sebab masih banyak potensi sumber daya kelautan yang bisa dikelola dengan baik, yakni dari mulai logistik, transportasi laut, pertambangan laut, potensi perikanan, dan lainnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Milenial TKN Jokowi-Ma’ruf saat Pilpres 2019 itu pun menekankan bahwasanya Indonesia butuh orang muda untuk fokus mendorong agenda-agenda maritim.

“Perlu anak-anak muda yang fokus, serius untuk mendorong agenda maritim ini, sehingga kita akhirnya melahirkan banyak anak-anak muda yang siap. Apalagi Fanta, ekosistem ini juga akan kita dorong sebagai talent pool, kita persiapkan anak-anak muda yang sehingga kalau dibutuhkan, kami disini punya anak muda di sektor maritim ini,” tekannya.

Lebih jauh, ia juga berharap agar para pemangku kepentingan kemaritiman negeri ini mempersiapkan berbagai hal terkait hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya. Terlebih dengan adanya agenda keberlanjutan yang diusung oleh padangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih saat ini.

“Jadi hal-hal itu yang memang harus kita siapkan ya, mumpung periodesasi ini masih ada sekitar tujuh bulan ya, kita persiapkan. Karena sekarang kan ada agenda keberlanjutannya, agenda percepatannya, akselerasinya, dan penyempurnaannya. Sehingga di bawah Pak Prabowo-Mas Gibran harusnya ini jauh lebih mudah ini, transisinya,” pungkasnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com