Categories: HLPariwisataTerbaru

“Tour de Moluccas”, Genjot Bisnis Pariwisata di Maluku

Menko Luhut dalam Tour The Moluccas 2017

MN, Ambon – Menko Maritim, Luhut Pandjaitan mengatakan keindahan alam dan perdamaian di Ambon menjadi daya tarik untuk peserta balap sepeda Tour de Moluccas 2017.

“Saya kira acara ini akan menjadi tour yang menarik, 714 kilometer keliling Maluku. Kota Ambon yang bersih, indah, dan damai. Marilah kita jadikan kebersihan, persatuan, dan kesatuan sebagai tema kampanye ajang ini,” katanya kepada wartawan sesaat selesai mengikuti balap tersebut.

Menko Luhut melepas start dan turut berpartisipasi pada pada hari Minggu (17/9) di ibukota Maluku, Ambon.

Ia mengatakan banyak wilayah di Maluku yang bagus dan indah alamnya yang tentunya bisa menjadi daya tarik untuk bagi peserta. Pada ajang yang baru pertama kali diadakan ini, sebanyak 112 peserta dalam negeri dan manca negara meramaikan event ini.

Menurutnya kampanye kebersihan juga mencakup kebersihan laut. “Tadi (pada kata sambutan) saya sampaikan bahwa kalau ada sampah plastik kresek itu jangan dibuang ke laut. Sampah itu dikumpulkan lalu bisa menjadi campuran aspal. Selain menjadikan lingkungan kita bersih, menjaga kesehatan juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya kepada media.

“Kita disebut sebagai negara terkotor kedua di dunia karena kita negara kepulauan, lalu kita juga kurang disiplin menjaga kebersihan lingkungan, masih ada yang buang sampah ke laut, nelayan juga ada yang masih buang sampah ke laut. 80% sampah di laut asalnya dari darat. Oleh karena itu, kita perlu bekerjasama agar tidak membahayakan generasi yang akan datang,” tegas Purnawirawan Baret Merah tersebut.

Tour de Moluccas adalah balap sepeda yang bertujuan meningkatkan bisnis pariwisata Kepulauan Maluku. Rute yang akan dilalui peserta adalah jalan aspal hotmix sepanjang Pulau Maluku dan akan berlangsung hingga 22 September 2017. Rute balap melintasi tiga kabupaten dan satu kota, terbagi dalam lima etape dengan total jarak tempuh sepanjang 714 km.

Sepanjang perlombaan, para peserta akan melewati sejumlah spot yang menyajikan pemandangan indah, di antaranya Pantai Namalatu, Pantai Matakus, dan beberapa tempat lainnya.

 

Adityo Nugroho

Redaktur Maritimnews.com Penulis Kajian Kemaritiman Indonesia

Share
Published by
Adityo Nugroho

Recent Posts

Bencana Alam di Agam, TJSL Pelindo Bayur Hadir

Padang (Maritimnews) - Bencana alam banjir bandang dan tanah longsor datang membawa lumpur, gelondongan batang…

1 day ago

Operasional di Common Gate NPCT 1 Beranjak Normal

Jakarta (Maritimnews) - Pasca kebakaran petikemas di lapangan New Priok Container Terminal One (NPCT 1)…

3 days ago

Gde Sumarjaya: Relokasi Kapal Non-tuna di Pelabuhan Benoa

Bali (Maritimnews) - Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih mendukung upaya PT Pelabuhan…

2 weeks ago

Kemenhub Terbitkan PM 7/2024 Tentang Harmonisasi Sistem Pemeriksaan dan Sertifikasi pada Kapal Berbendera Indonesia

Jakarta (Maritimnews) - Kementerian Perhubungan menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 7 Tahun…

2 weeks ago

Pelabuhan Sehat Petrokimia Disahkan KSOP Gresik

Gresik (Maritimnews) - Pelabuhan Petrokimia Gresik sah berpredikat sebagai pelabuhan Sehat sesuai dengan Peraturan Menteri…

3 weeks ago

Kemenhub Resmi Tutup Posko Angkutan Laut Lebaran 2024

Jakarta (Maritimnews) - Kementerian Perhubungan resmi resmi menutup Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024, Jumat…

3 weeks ago