Published On: Sat, Mar 13th, 2021

Kembangkan Potensi Pesisir, Pemprov Sumbar Maksimalkan Budidaya Lobster Mentawai

Pantai di Padang.

MN, Padang – Dalam rangka mengembangkan ekonomi nelayan tradisional dan masyarakat pesisir, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat (Sumbar) telah menyiapkan beberapa program strategis yang diantaranya adalah program 1.000 rumpon dan tambak milenial.

Hal ini diungkapkan Kepala DKP Sumbar, Yosmeri, di sela-sela Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan (Rakorenbang) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Auditorium Gubernuran pada Rabu (10/3).

Selain mempersiapkan kedua program tersebut, dikarenakan larangan ekspor benih oleh pemerintahpusat, DKP Sumbar juga berencana akan memaksimalkan potensi benih lobster yang melimpah di Kepulauan Mentawai.

“Berdasarkan riset dan analisa yang sudah kita lakukan, kita di Sumbar ini punya potensi benih lobster yang bagus di Kepulauan Mentawai. Untuk itu kita minta ke Pemerintah Pusat menetapkan Mentawai dijadikan sentra pengambangan budidaya lobster di Sumatera Barat. Kita sudah siapkan suratnya,” terangnya.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menekankan agar memaksimalkan potensi hasil laut dan wisata pantai yang sangat bagus selama sesi Rakorenbang dengan kabupaten kota berlangsung.

“Potensi laut Ini perlu kita gali, negara kita negara maritim, hasil laut melimpah tapi kemiskinan malah ada di pesisir, jadi kita harus serius mengelola ini,” tegasnya.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy juga mendukung penuh program ini. Ia mengatakan akan memberikan dukungan dengan mendatangkan investor wisata air atau water sport ke kota atau daerah pesisir yang punya objek wisata pantai, seperti Kota Pariaman.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com